Upaya Konservasi Dan Pengembangan Lamtoro (Leucaena leucocephala) Sebagai Alternatif Energi Co-Firing (Studi Kasus Desa Oetuke, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Konservasi Dan Pengembangan Lamtoro (Leucaena leucocephala) Sebagai Alternatif Energi Co-Firing (Studi Kasus Desa Oetuke, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan)

XML

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya konservasi dan pengembangan Lamtoro yang terdapat di wilayah Desa Oetuke, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2023. Lokasi penelitian ini di Desa Oetuke, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi alat tulis, kamera, perekam suara dan laptop sedangkan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Upaya konservasi yang dilakukan oleh masyarakat desa Oetuke yaitu masyarakat melakukan pola tanam biasa yang ditanam rapi disetiap panjang lereng lahan dan lahan pekarangan milik masyarakat, kemudian perlindungan hutan yang dilakukan oleh masyarakat desa Oetuke yaitu memperhatikan dari kebakaran, perambahan, pembalakan, hama dan penyakit serta perlindungan dari gejala alam, kemudian menanam anakan Lamtoro yang dilakukan dari tahun 2022 sebanyak 40.000 (empat puluh ribu) bibit yang ditanam oleh pengelolah lapangan dan masyarakat ikut berpartisipasi dalam menanam Lamtoro dengan luas kawasan sekitar 3.000 Ha, kemudian melakukan pemanfaatan hutan terhadap satwa (ternak) dengan memanfaatkan daun dari Lamtoro, kemudian masyarakat melakukan penerapan aturan dalam menebang dengan sistem tebang setinggi dada sebagai bentuk pelestarian. Pengembangan Lamtoro, kesediaan masyarakat dilibatkan dalam pengembangan Lamtoro di desa Oetuke setuju (76%). Adanya kelompok sadar dalam pengembangan Lamtoro di desa Oetuke setuju (77%). Dukungan pemerintah terhadap pengembangan Lamtoro di desa Oetuke setuju (69%). Pengembangan Lamtoro membantu perekonomian (46%). Kerusakan yang disebabkan oleh masyarakat di desa Oetuke (68%). Keberlanjutan pengembangan Lamtoro di desa Oetuke (62%).

Kata kunci : Konservasi, Lamtoro (Leucaena leucocephala), Co-firing, Oetuke


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NAIFAH FILZANIAH RODJA - Personal Name
Student ID
1904070047
Dosen Pembimbing
Roni Sipayung - - Dosen Pembimbing 1
MARIA M. E. PURNAMA - 197606132006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Roni Sipayung - - Ketua Penguji
Maria M. E. Purnama - 197606132006042001 - Penguji 1
Nixon Rammang - 198009202006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 ROD U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA