Skripsi
Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Kota Kupang
XMLFokus penelitian adalah layanan bimbingan dan konseling komprehensif di masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Kota Kupang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran layanan bimbingan dan konseling komprehensif di masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Kota Kupang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran layanan bimbingan dan konseling komprehensif pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Kota Kupang. Lokasi penelitian di SMP Negeri 8 Kota Kupang yang terletak di Jalan S.K Lerik Kecamatan Kelapa Lima Kupang dengan lama penelitian±5 bulan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa: 1). Layanan dasar dilaksanakan dengan menggunakan strategi layanan bimbingan klasikal melalui tahapan guru BK mendownload video dari Youtube, membagikan ke grup kelas, memberikan pertanyaan dan siswa menjawab pertanyaan, serta tahap akhir yaitu kesimpulan dan pemberian nasihat. 2). Layanan responsif tidak berjalan optimal karena adanya pandemi Covid-19 dan siswa merasa tidak butuh bimbingan dan konseling.Konferensi kasus dilakukan dengan menyurati orang tua, membahas dan mencari solusi atas masalah siswa. Kunjungan rumah dilakukan dengan mengunjungi rumah siswa karena tidak bisa dihubungi dan mencari tahu penyebabnya dengan cara berkomunikasi bersama orang tua. Guru mata pelajaran berkonsultasi dengan guru BK terkait masalah siswa. Pengalihan kasus siswa dari guru mata pelajaran kepada guru BK, dan kepada kepala sekolah sebagai penentu akhir masalah siswa. 3). Layanan perencanaan individual dilaksanakan dengan menggunakan strategi layanan bimbingan klasikal terkait masa depan siswa melalui tahapan guru BK mendownload video dari Youtube, membagikan ke grup kelas, memberikan pertanyaan dan siswa menjawab pertanyaan, serta tahap akhir yaitu kesimpulan dan pemberian nasihat.Kolaborasi dilakukan guru BK bersama guru mata pelajaran dan wali kelas dengan berdiskusi akan kelanjutan karir siswa setelah tamat dari sekolah. 4). Dukungan sistem, pengembangan jejaring dilakukan oleh guru BK dengan berkolaborasi bersama pihak sekolah dan pihak di luar sekolah dengan program dari sekolah atau program dari Walikota Kupang.Kegiatan manajemen yang dilaksanakandengan merencanakan biaya dan menyusun program serta fasilitas.Selain itu juga dilakukanriset dan pengembangan guru BK dengan mengikuti kegiatan MGBK dan berdiskusi mengenai materi bimbingan dan konseling. Namun, guru BK di SMPN 8 Kupang jarang melakukan penelitian.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Rita M. P Tunggujama - Personal Name
|
Student ID |
1601160028
|
Dosen Pembimbing |
KHETYE ROMELYA SABA - 197901092008122002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Dr. Imanuel Lohmay, M.Pd - NIP. 19580505 198601 1 001 - Ketua Penguji
Khetye Romelya Saba - 197901092008122002 - Penguji 1 Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Bimbingan Konseling
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.01 Tun L
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |