Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 7 KUPANG
XMLMenurut penelitian terdahulu kemampuan berpikir kritis siswa kurang terlatih dikarenakan pembelajaran lebih berpusat kepada guru. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Kupang dengan tujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, metode yang digunakan adalah quasy experimental dengan bentuk desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Desingn. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kupang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang peserta didik.Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, ujian/tes dan dokumetasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang dapat dibuktikan dari hasil analisis data uji Independen Sample T- test yang menggunakan SPSS yaitu diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001<0,05 dengan demikian H0 ditolak maka Ha diterimah. (2) Adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari besarya perubahan atara preetest dan posttest. Adapun rata-rata N-Gain score yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,52 sedangkan nilai N-Gain score yang diperoleh kelas kotrol 0,44.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Afrayati Momang - Personal Name
|
Student ID |
1901100035
|
Dosen Pembimbing |
Bella Theo Tomi Pamungkas, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Sunimbar, S.Pd.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Ketua Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 1 Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Geografi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.02 Mom P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |