PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA KELAS V SD INPRES MNELAANEN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA KELAS V SD INPRES MNELAANEN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Skripsi oleh Martheda I.Y Selan NIM. 1901140045 dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor di sekitar kita kelas V SD Inpres Mnelaanen Kabupaten Timor Tengah Selatan” Masalah dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Siswa pada materi perpindahan kalor di sekitar kita kelas V SD Inpres Mnelaanen dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VA dan VB SD Inpres Mnelaanen yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum
digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Mnelaanen Kelas V. Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed) ≤ 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan hal ini disebabkan karena nilai sig. (2-tailed) ≤ 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data Pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Problem Based Learning terhadap hasil peserta didik pada materi perpindahan kalor di sekitar kita kelas V SD Inpres Mnelaanen Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901140045
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 SEL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA