Skripsi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA KELAS V SD INPRES MNELAANEN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
XMLSkripsi oleh Martheda I.Y Selan NIM. 1901140045 dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor di sekitar kita kelas V SD Inpres Mnelaanen Kabupaten Timor Tengah Selatan” Masalah dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Siswa pada materi perpindahan kalor di sekitar kita kelas V SD Inpres Mnelaanen dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VA dan VB SD Inpres Mnelaanen yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum
digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Mnelaanen Kelas V. Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed) ≤ 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan hal ini disebabkan karena nilai sig. (2-tailed) ≤ 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data Pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Problem Based Learning terhadap hasil peserta didik pada materi perpindahan kalor di sekitar kita kelas V SD Inpres Mnelaanen Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Martheda Ida Yohana Selan - Personal Name
|
Student ID |
1901140045
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 SEL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |