Problematika Sistem Pemilihan Proporsional Terbuka Dan Tertutup Dari Perspektif Prinsip Kedaulatan Rakyat

Detail Cantuman

Skripsi

Problematika Sistem Pemilihan Proporsional Terbuka Dan Tertutup Dari Perspektif Prinsip Kedaulatan Rakyat

XML

Indonesia adalah Negara yang menganut sistem pemilu dengan sistem proporsional. Sistem proporsional ini mempunyai dua bentuk, yaitu sistem prporsional terbuka dan sistem proporsional tertutup. Kedua sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah kekurangan dan kelebihan dari sistem pemilihan proporsional terbuka dan tertutup dari perspektif prinsip kedaulatan rakyat? (2) Sistem manakah yang lebih tepat diterapkan dalam sistem demokrasi di Negara Indonesia?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yaitu dengan menggunakan pendekatan konseptual atau pendekatan kepustakaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pertama, sistem proporsional terbuka (open-list-PR) dengan cara kerja sistem ini, pemilih memilih langsung wakil-wakil legislatifnya. Adapun kelemahan dari sistem ini yaitu biaya kampanye yang menjadi mahal. Kedua, sistem proporsional tertutup (closed-list-PR) dengan mekanisme pemilihan oleh rakyat hanya pada partai. Kekurangan sistem ini yaitu pendidikan politik kurang bagi masyarakat. (2) Sistem yang tepat diterapkan di Indonesia pada Pemilu 2024 ini adalah sistem pemilihan proporsional terbuka. Alasannya karena dalam sistem proporsional terbuka pemilih dapat langsung memilih calon legislatif sesuai dengan yang diinginkannya tanpa ditentukan oleh partai politik. Artinya, hubungan antara calon legislatif dan pemilih akan semakin erat.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran peneliti adalah diharapkan pada Pemilu 2024 ini diharapkan harus dilaksanakan berdasarkan evaluasi yang matang dan disesuaikan dengan kebutuhan rakyat guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kata kunci: Pemilu, Proporsional Terbuka, Proporsional Tertutup.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELSERA WATI MONE - Personal Name
Student ID
1902010017
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Ketua Penguji
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Penguji 1
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 MON P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA