Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Amabi Oefeto

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Amabi Oefeto

XML

Pada era ini kita dihadapkan dengan pesatnya perkembangan Teknologi dan Informasi dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan pembelajaran. Teknologi yang diterapkan dapat berupa media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan Smart Apps Creator pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Amabi Oefeto yang valid, praktis, dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: analisis (analysis); desain (design); dan pengembangan (development); implementasi (implementation); dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil kelayakan media pembelajaran diperoleh dari penilaian 3 orang ahli materi dan media dengan rata-rata kevalidan 4.5 dan termasuk kategori “sangat valid”. Untuk aspek kepraktisan, respon guru mata pelajaran dengan rata-rata hasil respon 4.56, respon dari peserta didik kelas kecil adalah 4.6 dan kelas besar adalah 4.8 sehingga termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Untuk kriteria keefektifan, presentase hasil ketuntaasan belajar kelas kecil diperoleh 100% dan kelas besar diperoleh hasil ketuntasan kelas 71.8% sehingga media pembelajaran dikategorikan “efektif”. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1701030059
Dosen Pembimbing
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 1
Dr Damianus Dao Samo - 19831231 201212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1
Ofirenty Elyada Nubatonis - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Hel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA