Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa SMK Swastisari Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa SMK Swastisari Kota Kupang

XML

Kurangnya informasi tentang dunia kerja membuat siswa SMK Swastisari cemas dan takut menghadapi dunia kerja. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan kepala sekolah, diperoleh hasil bahwa banyak lulusan SMK Swastisari yang menganggur dan masih bingung untuk menentukan pilihan antara melanjutkan studi atau masuk kerja. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan dimana ada indikasi penyebabnya adalah ketidaksiapan siswa itu sendiri. Sehingga angka pengangguran untuk SMK terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode cinema edukatif pada siswa SMK Swastisari kota kupang.
Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitaif dengan pendekatan pre experimental design dalam bentuk one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 19 orang siswa kelas XI di SMK Swastisari Kota Kupang dan sampel 8 orang siswa kelas XI di SMK Swastisari Kota Kupang. sampel ditentukan menggunakan purposive sampling Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan Wilcoxon dengan berbantuan program SPSS 24.00 for windows.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase siswa kelompok kotrol 21% dengan keterangan 4 siswa kategori kesiapan kerja rendah dan 4 kategori kesiapan kerja sangat rendah dan diperoleh persentase kelompok eksperimen yaitu 100% dega kategori kesiapan kerja tinggi. Hal ini menunjukan bahwa persentase kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh signifikasi Whitung > Wtabel ( 36 >8 ) Maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya penerapan bimbingan kelompok menggunakan metode sinema edukasi efektif untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK Swastisari kota kupang.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan konseling, maka dapat disimpulkan bahwa sinema edukasi sebagai media layanan informasi dapat meningkatkan kesiapan kerja yang rendah menjadi kesiapan kerja yang tingi dan siswa sudah mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki dunia kerja. Di lihat dari perbedaan setiap aspek yang rendah dari sebelum memberikan layanan bimbingan kelompok dan meningkat kecuali aspek kepribadian setelah diberikan layanan bimbingan kelompok kelas XI di SMK Swastisari Kota Kupang.

Kata kunci : Bimbingan kelompok, Metode sinema edukasi, Kesiapan kerja.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lunu Marista Biaf - Personal Name
Student ID
1901160103
Dosen Pembimbing
Andriani P. Nalle - 198304142008122004 - Dosen Pembimbing 1
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andriani Paulin Nalle - 198304142008122004 - Ketua Penguji
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Penguji 1
Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 BIA E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA