Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SIKLUS AIR MELALUI PROBLEM BASEDLEARNING DI KELAS V SD GMIT MAKTIHAN KABUPATEN MALAKA
XMLSkrpsi oleh Rida Yandriani Bere, NIM 1901140228 dengan judul “Peningkatan hasil belajar siswa tentang siklus air melalui Problem Based Learning di kelas V SD GMIT Maktihan Kabupaten Malaka ”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, setiap siklus terdiri dari IV tahapan yaitu penyusunan, pelaksanaan, persepsi dan refleksi. Subyek dalam Penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 13 siswa. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan oleh peneliti adalah 0bservasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I dan siklus II diperoleh informasi tambahan: KKM mata pelajaran IPA kelas V adalah 75, sebelum menggunakan model Problem Based Learning hanya ada 6 siswa (46,15%) yang memenuhi kriteria ketuntasan (KKM) 75, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 7 orang (53,85%). Setelah menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA tentang siklus air, pada siklus II sebanyak 12 siswa (92,31%) tuntas. Terjadi peningkatan perolehan hasil dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,69%. Sehingga cenderung beralasan bahwa model Problem Based Learning dapat lebih mengembangkan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tentang siklus air di SD GMIT Maktihan.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rida Yandriani Bere - Personal Name
|
Student ID |
1901140228
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 MARKUS SAMPE - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 BER P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |