Dampak Pemekaran Kecamatan Elar Terhadap Pelayanan Publik Pemerintah Kecamatan Di Kecamatan Elar Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Pemekaran Kecamatan Elar Terhadap Pelayanan Publik Pemerintah Kecamatan Di Kecamatan Elar Selatan

XML

Pemekaran wilayah kecamatan merupakan suatu upaya untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sehingga terwujudnya pelayanan yang baik dalam pelaksanaannya, agar mampu nilai-nilai akuntabilitas, responsifitas dan efisiensi pelayanan. Hal ini yang mendorong Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yaitu meresmikan Kecamatan Elar Selatan sebagai kecamatan baru hasil pemekaran dari Kecamatan Elar. Pemekaran kecamatan ini yang menrik untuk dikaji mengenai dampak pemekaran terhadap pelayanan publik dan juga faktor-faktor yang menghambat dalam koordinasi dan pengawasan oleh kecamatan terhadap pelayanan publik oleh desa/kelurahan. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Apakah dampak pemekaran kecamatan Elar terhadap pelayanan publik masyarakat di Kecamatan Elar selatan? (2) Apakah faktor yang menghambat dalam pelayanan publik di Kecamatan Elar Selatan?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dengan menyelidiki kenyataan dalam kehidupan sosial masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen/literatur dan dokumentasi. Analisis data dengan metode analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data primer, data sekunder yang kemudian dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, menjelaskan, menguraikan, dan kemudian digambarkan sesuai dengan permasalahan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dampak pemekaran Kecamatan Elar terhadap pelayanan publik di Kecamatan Elar selatan adalah berdampak positif semakin dekatnya dengan pusat pelayanan publik dengan masyarakat desa dan kelurahan. Sehingga semakin mudahnya dalam pelayanan baik itu pelayanan administrasi, pelayanan barang dan pelayanan jasa. (2) Faktor yang menghambat dalam melakukan koordinasi dan pengawasan oleh kecamatan terhadap pelayanan publik oleh desa dan kelurahan adalah kondisi infrastruktur jalan, kondisi kualitas jaringan yang kurang mendukung, kurangnya tenaga kepegawaian, kurang memadainya transportasi, serta sarana dan prasarana kantor.

Kata Kunci: Dampak, Pemekaran Kecamatan, Pelayanan Publik, Faktor Penghambat


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MODESTUS RAPIN - Personal Name
Student ID
1902010438
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Ketua Penguji
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Penguji 1
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 RAP D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA