Skripsi
Dampak Pemekaran Kecamatan Elar Terhadap Pelayanan Publik Pemerintah Kecamatan Di Kecamatan Elar Selatan
XMLPemekaran wilayah kecamatan merupakan suatu upaya untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sehingga terwujudnya pelayanan yang baik dalam pelaksanaannya, agar mampu nilai-nilai akuntabilitas, responsifitas dan efisiensi pelayanan. Hal ini yang mendorong Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yaitu meresmikan Kecamatan Elar Selatan sebagai kecamatan baru hasil pemekaran dari Kecamatan Elar. Pemekaran kecamatan ini yang menrik untuk dikaji mengenai dampak pemekaran terhadap pelayanan publik dan juga faktor-faktor yang menghambat dalam koordinasi dan pengawasan oleh kecamatan terhadap pelayanan publik oleh desa/kelurahan. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Apakah dampak pemekaran kecamatan Elar terhadap pelayanan publik masyarakat di Kecamatan Elar selatan? (2) Apakah faktor yang menghambat dalam pelayanan publik di Kecamatan Elar Selatan?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dengan menyelidiki kenyataan dalam kehidupan sosial masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen/literatur dan dokumentasi. Analisis data dengan metode analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data primer, data sekunder yang kemudian dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, menjelaskan, menguraikan, dan kemudian digambarkan sesuai dengan permasalahan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dampak pemekaran Kecamatan Elar terhadap pelayanan publik di Kecamatan Elar selatan adalah berdampak positif semakin dekatnya dengan pusat pelayanan publik dengan masyarakat desa dan kelurahan. Sehingga semakin mudahnya dalam pelayanan baik itu pelayanan administrasi, pelayanan barang dan pelayanan jasa. (2) Faktor yang menghambat dalam melakukan koordinasi dan pengawasan oleh kecamatan terhadap pelayanan publik oleh desa dan kelurahan adalah kondisi infrastruktur jalan, kondisi kualitas jaringan yang kurang mendukung, kurangnya tenaga kepegawaian, kurang memadainya transportasi, serta sarana dan prasarana kantor.
Kata Kunci: Dampak, Pemekaran Kecamatan, Pelayanan Publik, Faktor Penghambat
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MODESTUS RAPIN - Personal Name
|
Student ID |
1902010438
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Ketua Penguji
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Penguji 1 Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
74101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Hukum
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
742.01 RAP D
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |