Pengaruh Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika (Tinjauan Meta-Analisis)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika (Tinjauan Meta-Analisis)

XML

Penelitian ini bertujuan mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap pembelajaran matematika, mengetahui perbedaan besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari materi yang diajarkan dan jenjang pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Meta-analisis adalah teknik yang digunakan untuk merangkum hasil penelitian sejenis dengan analisis kuantitatif menggunakan metode statistik. Metode yang digunakan adalah survei pada hasil-hasil penelitian sejenis pada artikel publikasi. Artikel yang dianalisis berjumlah 6 artikel.
Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa model pembelajaran Blended Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika, dimana terdapat 3 artikel dengan kategori effect size sangat tinggi, 1 artikel dengan kategori effect size tinggi, 1 artikel dengan kategori effect size sedang, dan 1 artikel dengan effect size rendah. Secara keseluruhan ditemukan bahwa model pembelajaran Blended Learning memiliki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar matematika dengan rata-rata sebesar 1.83 termasuk dalam kategori effect size sangat berdasarkan klasifikasi Cohen’s d. Tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar matematika berdasarkan jenjang pendidikan. Hal ini didukung oleh data penelitian dimana t_hitung diperoleh sebesar -2,776≤0,522≤ 2,776 Oleh karena itu, model pembelajaran baik digunakan di jenjang SMP dan juga SMA. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan yaitu -t_tabel≤t_hitung≤ t_tabel sehingga H0 diterima. Begitu pula pada materi yang diajarkan, tidak terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Blended Learning pada Materi Relasi dan Fungsi serta pada materi yang tidak disebutkan. Hal ini didukung oleh data penelitian dimana t_hitung diperoleh sebesar -2,776≤-2,653≤ 2,776 . Berdasarkan dasar pengambilan keputusan yaitu -t_tabel≤t_hitung≤ t_tabel sehingga H0 diterima.

Kata kunci : Blended Learning, hasil belajar matematika, meta-analisis.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1801030042
Dosen Pembimbing
Dr Damianus Dao Samo - 19831231 201212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imelda H. E. Rimo - - Ketua Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 BAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA