Implementasi Program Pembangunan Rumah Khusus Pasca Bencana Seroja di Kabupaten Alor (Studi Kasus Desa Bunga Bali Kecamatan Pantar Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Program Pembangunan Rumah Khusus Pasca Bencana Seroja di Kabupaten Alor (Studi Kasus Desa Bunga Bali Kecamatan Pantar Timur)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pembangunan rumah khusus pasca bencana seroja di Desa Bunga Bali Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan obsevarsi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk mendukung analisis penelitian ini adalah Teori Edward III. Yang meliputi Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Hasil dari penelitian implementasi dari program pembangunan rumah khusus pasca Seroja di Desa Bunga bali dilihat dari aspek Komunikasi berupa sosialisasi dan relokasi, sudah dilakukan oleh Dinas Perkimtan akan tetapi masih ditemukan masyarakat penerima bantuan yang tidak paham tentang bantuan rumah khusus, sedangkan relokasi masyarakat yang berjalan dengan baik namun masih ada masyarakat yang tidak tinggal menetap dirumah bantuan karena fasilitas sanitasi tidak dapat digunakan dan status kepemilikan rumah yang merupakan HGB. Sumberdaya yaitu berupa sumber daya manusia dalam hal ini staff dinas perumahan, pelaksana konstruksi yakni tukang bangunan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pembangunan rumah khusus ini, ketersedian SDM pelaksa program terbilang cukup memdai dan menjalankan tugas dengan baik sedangkan SDM ketersedian pelaksana konstruksi yakni tukang kurang jadi harus merekrut tukang lokal. Tanah yang disediakan untuk pembangunan rumah yang kepemilikannya sudah dihibahkan masyarakat ke pemda secara murni, dan fasilitas perumahan yang didapatkan terbilang cukup memadai meskipun ada fasilitas yang belum selsesai sehingga tidak dapat digunaakan.Disposisi yakni pemahaman dan kemampuan pelaksana program terhadap program bantuan rumah khusus. Pelaksana program cukup memahami program bantuan rumah khusus dan mengerjakan pembangunan sasuai juknis yang telah ditentukan. Namun pada saat pembangunan rumah khusus ada pembanguan sekolah juga yang dilakukan oleh pihak ketiga sehingga pengerjaan pembanguan harus terbagi. Struktur birokrasi dalam penelitiaan ini menyakut SOP dan Koordinasi. Dalam implementasi program pembangunan rumah khusus pasca bencana seroja di Desa Bunga Bali alur penyelengaraannya sudah sesuai denga SOP yang ditentukan . dan koordinasi dari pihak-pihak terlibat sudah berjalan dengan baik namun pada proses pembangunan banyak fasilitas sanitasi yang dikerjakan tidak sesuai juknis hal ini akibat kurannya pengawasan dari pelaksana program sehingga menimbulkan kekecawaan dari masyrakat penerima bantuan
Kata Kunci : Impelmentasi , Kebijakan, Rumah Khusus


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Lilyane Dorcas Tanamal - Personal Name
Student ID
1903010066
Dosen Pembimbing
JACOBA DAUD NIGA - 196004061987022001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dra. Jacoba Daud Niga, M.Si - 19600406 197802 2 001 - Ketua Penguji
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 1
Dr. Hendrik Toda, S. Sos, M.si. 19831204 200912 1 005 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Tan I
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA