Skripsi
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas IV SD Inpres Oeba 1 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif lectora inspire yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa tema 5 subtema 2 pembelajaran 2 Kelas IV SD Inpres Oeba 1 Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian mencakup analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap Perancangan, peneliti merancang konsep desain awal media pembelajaran interaktif kemudian menyusun materi atau konten dalam media pembelajaran interaktif lectora inspire. Tahap pengembangan mencakup penilaian validasi produk oleh para ahli dan praktisi kemudian dilakukan uji coba terbatas dilakukan dengan melibatkan 15 orang siswa kelas IV. Tahap terakhir adalah penyebaran, tahap ini tidak dapat terlaksana karena membutuhkan penelitian lebih lanjut. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif lectora inspire dinyatakan layak melalui hasil validasi ahli materi, ahli media dan praktisi. Skor ratarata aspek tampilan media 4,57, aspek bahasa 4,39, aspek rekayasa perangkat lunak 4,25, dan aspek materi 4,15. Rata-rata penilaian keseluruhan aspek 4,34 yang menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Motivasi berprestasi siswa mengalami peningkatan dimana motivasi awal 20% siswa memiliki motivasi tinggi, sedangkan motivasi berprestasi siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif lectora inspire meningkat dimana 54% siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi. Rata-rata nilai pretest sebesar 66 dan nilai posttest sebesar 93. Rata-rata nilai N-gain 83% dengan kategori “efektif”. Sesuai analisis hasil belajar dapat disimpulkan bahwa hasil belajar seluruh siswa meningkat yang artinya media pembelajaran interaktif lectora inspire efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Lectora Inspire, Motivasi Berprestasi.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Herlin Glorina Manane - Personal Name
|
Student ID |
1601140070
|
Dosen Pembimbing |
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1 Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 MAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |