Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Serta Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Pembunuhan Antara Anggota Perguruan Silat Di Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Serta Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Pembunuhan Antara Anggota Perguruan Silat Di Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu

XML

Aksi saling serang antara PSHT (Persaudaraan Setia Hati Teratai) dengan IKS (Ikatan Kera Sakti) Kera Sakti memang sudah dari dulu, kayak sudah menjadi tradisi. Tak jarang gesekan antar perguruan silat ini timbul karena hal sepele, seperti saling ejek, memakai atribut (kaos/jaket) di luar acara organisasi, dan akan berujung pada pertikaian besar karena secara otomatis sudah membawa nama organisasi dari masing-masing kelompok, tindakan seperti ini lebih sering terjadi di kalangan anggota yang masih muda dan masih tergolong tingkatan bawah, karena yang sudah dianggap tua baik dari sisi umur atau ilmunya biasanya lebih bisa untuk mengontrol emosi, berfikir panjang, serta bertindak bijaksana. Adapun rumusan masalah penelitian ini, yaitu: (1) Apakah faktor yang mempengaruhi terjadinya tindak pidana pembunuhan terhadap angota bela diri IKS di Kelurahan Manumutin? (2) Bagaimanakah upaya penanggulangan yang dilakukan oleh kepolisian terhadap tindak pidana pembunuhan anggota bela diri IKS di Kelurahan Manumutin?
Penelitian ini merupakan hukum empiris (yuridis empiris), yang dilakukan di Kota Atambua, Kabupaten Belu, kantor Kepolisian Republik Indonesia Resort Belu. Pendekatan ini dilakukan dengan melakukan telaah pada kasus yang berkaitan dengan isu hukum yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor yang mempengaruhi terjadinya tindak pidana pembunuhan terhadap angota bela diri IKS di Kelurahan Manumutin. (2) Upaya penanggulangan yang dilakukan oleh kepolisian terhadap tindak pidana pembunuhan anggota bela diri IKS di Kelurahan Manumutin.
Solusi dari penelitian adalah Kepolisian Resort Belu dan Pemerintah Kabupaten Belu untuk terus melakukan sosialisasi kepada setiap orang terkhususnya anggota perguruan tentang dan melakukan patroli ke daerah yang biasanya dijadikan tempat latihan anggota perguruan.

Kata Kunci: Tindak Pidana Pembunuhan Perguruan Silat, Faktor yang Mempengaruhi, Upaya Penanggulangan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ALVIORINO STEVIN MANGKUR - Personal Name
Student ID
1802010611
Dosen Pembimbing
KAROLUS KOPONG MEDAN - 196204221990031001 - Dosen Pembimbing 1
Deddy R. CH. Manafe - 197102141998021001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karolus Kopong Medan - 196204221990031001 - Penguji 1
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 MAN F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA