Faktor Penyebab Dan Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Persetubuhan Terhadap Anak Di Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor Penyebab Dan Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Persetubuhan Terhadap Anak Di Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Persetubuhan memiliki pengertian sebagai suatu gangguan psikoseksual dimana orang dewasa memperoleh kepuasan seksual bersama seorang anak. Maraknya kejahatan persetubuhan yang terjadisual dimana orang dewasa memperoleh kepuasan seksual bersama seorang anak. Maraknya kejahatan persetubuhan yang terjadi terhadap anak baik yang melakukan itu orang dewasa maupun anak itu sendiri yang secara fisik anak yang menjadi korban persetubuhan belum memiliki daya tarik seksual seperti layaknya orang dewasa.Rumusan masalah dalam: (1) Apakah faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana persetubuhan terhadap anak di Kabupaten TTU? (2)Bagaimanakah upaya penanggulangan tindak pidana persetubuhan terhadap anak di Kabupaten TTU? Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris. Data yang dikumpulkan diambil dari data primer dan sekunder yang diambil di kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor penyebab terjadinya tindak pidana persetubuhan terhadap anak di Kabupaten TTU terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal, di mana faktor intenal terdiri dari faktor keinginan atau dorongan dalam diri sendiri dan faktor terbatasnya pengetahuan, sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan, faktor teknologi dan kurangnya pengawasan dari orang tua. (2) Upaya penanggulangan tindak pidana persetubuhan terhadap anak di Kabupaten TTU terdiri dari upaya pre-emtif yaitu pencegahan agar tidak terjadinya kejahatan, upaya preventif yaitu penindakan yang dilakukan oleh aparat yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan upaya represif yaitu upaya yang dilakukan untuk menindak pelaku kejahatan sesuai dengan perbuatannya.
Berdasarkan masalah persetubuhan di atas maka disarankan kepada orang tua agar lebih mnigkatkan kewaspadaan dan pengawasan kepada anak karena seringnya terjadi tindak pidana yang tidak terduga karena adanya kesempatan dan perlu adanya sosialisasi di sekolah-sekolah tentang pentingnya pendidikan seksual sejak dini agar anak-anak mengerti tentang seksualitas dan memahami tentang batasan-batasan yang ada serta kepada orang tua agar mendidik anak mengenai nilai-nilai agama dan etika yang mengajarkan untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak senonoh atau melanggar norma sosial.

Kata Kunci: Faktor, Upaya Penanggulangan, Persetubuhan dan Anak


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOHANES GARIN - Personal Name
Student ID
1902010544
Dosen Pembimbing
KAROLUS KOPONG MEDAN - 196204221990031001 - Dosen Pembimbing 1
HERYANTO AMALO - 196511301992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Daud Dima Talo - 195912261986011001 - Ketua Penguji
Karolus Kopong Medan - 196204221990031001 - Penguji 1
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 GAR F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA