PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD INPRES LASIANA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD INPRES LASIANA KOTA KUPANG

XML

Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar siswa mengunakan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran IPAS Terhadap Siswa Kelas IV SD Inpres Lasiana. Penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus dalam setiap siklus mengunakan empat tahap yaitu meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik IV dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data di peroleh menggunakan teknik observasi dan tes. Data yang diperoleh di analisis kembali dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Lasiana kecamatan kelapa lima kabupaten kota kupang. Berdasarkan hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa masi tergolong cukup dengan rata-rata 64,75% dari 20 orang siswa terdapat 9 siswa (45%) yang mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) 65. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan KKTP terdapat 11 siswa (55%) dikarenakan guru yang belum menguasai kondisi dan kebutuhan siswa dikelas, kurangnya keaktivan siswa, kurangnya kepercayaan diri, dan siswa yang mengalami kendala dalam kesulitan membaca Selanjutnya hasil penelitian pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 80,75% dan dari 20 orang siswa terdapat 16 siswa atau (80%) yang mencapai ketuntasan secara individu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lala Selfince Aklili - Personal Name
Student ID
1901140222
Dosen Pembimbing
Moses Kopong Tokan - 19631231 199203 1 202 - - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1
MARKUS SAMPE - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 AKL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA