Skripsi
Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Model Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kelas III SD Negeri Nunbaun Sabu
XMLABSTRAK
Skripsi oleh Dian Baunsele, Nim 1601140307 dengan judul “Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Model Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas III SD Negeri Nunbaun Sabu”. Masalah penelitian ini yakni “Bagaimana Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Model Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar siswa kelas III SD Negeri Nunbaun Sabu” Tujuannya untuk “mengetahui Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Model Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas III SD Negeri Nunbaun Sabu ”. metode Penelitian ini yakti Deskriptif Kuantitatif. Responden penelitian ini berjumlah 28 orang, teknik pengumpulan data yakti : Angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi berganda, uji t dan uji f.
Penelitian ini diadakan di SD Negeri Nunbaun Sabu dengan hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa t_hitung sebesar 4,642. Derajat keberhasil pada t_tabel 5% sebesar 2,056. Hasil uji t ialah t_hitung > t_tabel artinya gaya mengajar guru (X_1) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Sedangkan model pembelajaran tidak berpengaruh pada prestasi belajar karena t_hitung sebesar -1,704 derajat keberhasil pada t_tabel 5% sebesar 2,056. Hasil uji t ialah t_hitung < t_tabel artinya model pembelajaran (X_2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Sedangkan hasil uji f menunjukan bahwa nilai F_hitung sebesar 10,784 dan F_tabel pada tingkat signifikansi 5% adalah 3.37 sehingga F_hitung > F_tabel. Artinya pada pengujian secara persiel variabel (X_1) gaya mengajar guru dan variabel (X_2) model pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap variabel Y prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini uji t hipotetesis H_a ditolak artinya tidak ada pengaruh yang signifikan anatara dua variabel bebas terhadapat variabel terikat sedangkan pada penghitungan hanya variabel gaya mengajar guru saja yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sehingga H_a ditolak dan H_o diterima karena dalam uji t yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa hanya gaya mengajar guru sedangkan model pembelajaran tidak berpengaruh, yang artinya dalam pengujian tidak ada pengaruh yang signifikan antar dua variabel bebas terhadap variabel terikat. Sedangkan pada pengujian secara simultan H_a diterima dan H_o ditolak dikarenakan dalam uji f kedua variabel bebas berpengaruh secara bersama-sama kepada variabel terikat.
Kata Kunci : Gaya Mengajar Guru, Model Pembelajar, Prestasi belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
DIAN BAUNSELE - Personal Name
|
Student ID |
1601140307
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bau P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |