Analisis Etika Komunikasi Generasi Z di Media Sosial Facebook (Studi Deskriptif di RT 16/RW 06 Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang).

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Etika Komunikasi Generasi Z di Media Sosial Facebook (Studi Deskriptif di RT 16/RW 06 Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang).

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana etika komunikasi Generasi Z di media sosial facebook di Rt 16 Rw 06 Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif pada informan dilapangan yang menghasilkan data secara deskriptif yakni gambaran bagaimana etika komunikasi generasi Z di media sosial facebook di Rt 16 Rw 06 Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima. Penentuan informan secara purposive sampling yaitu atas dasar penelitian bahwa para informan mengetahui secara baik permasalahan yang diteliti, informan dalam penelitian ini ada 10 orang, terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan dengan rentang usia 17-20 tahun. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dengan informan serta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis yaitu teori Etika Komunikasi oleh K Bertens dan Sobur(2001). Hasil penelitian menunjukan bahwa etika komunikasi oleh Generasi Z melalui media sosial facebook sudah berjalan dengan baik. Budaya dalam bermedia sosial sudah diterapkan dalam hal ini: (1). Informasi yang didapatkan di media sosial di baca serta dipahami barulah dibagikan di media sosial. (2). Komunikasi dengan orang yang lebih tua, Generasi Z menyesuaikan diri serta mengunakan bahasa yang sopan sedangkan ketika berkomunikasi dengan teman sebaya cenderung menggunakan kata kasar. Kecakapan mengunakan media sosial: (1). Generasi Z di Kelurahan Oesapa sudah mampu mengakses serta mengunakan aplikasi di media sosial. (2). Kemampuan mengelola serta mengkases aplikasi di media social juga menimbulkan dampak dimana Generasi Z cenderung mengalami ketergantungan serta malas melakukan sesuatu, dalam hal ini melakukan pekerjaan rumah, maupun pekerjaan lainnya. Sedangkan dalam etis bermedia Generasi Z di Kelurahan Oesapa belum etis dalam menggunakan media sosial dikarenakan: (1). Adanya provokasi atau memancing orang lain untuk menimbulkan amarah mesikipun itu hanyalah sebuah candaan sesama teman. (2). Menyangkut ZARA, Generasi Z disana sudah menerapkan etika kominikasi yang baik, yaitu tidak adanya sebuah perbedaan. Selanjutnya didalam menggunakan media sosial diwajibkan untuk aman dalam bermedia digital, (1). Jika diamati Generasi Z di Kelurahan Oesapa sudah mampu mengelola akun dan mengamankan identitas diri (2).Selanjutnya disatu sisi juga Genereasi Z di Kelurahan Oesapa belum aman dalam bermedia digital karena cenderung menggunakan kata kasar dan menimbukan konflik. Sebab itu perlunya pengetahuan yang lebih aplikatif tentang etika komunikasi dalam media sosial yang terus berkelanjutan, serta untuk mengoptimalkan etika komunikasi, dianjurkan kedepan lembaga setempat yang berada di Kelurahan Oesapa juga dapat memberikan pengajaran bagaimana berkomunikasi di media sosial yang lebih baik dan benar melihat kemajuan zaman yang mana setiap anak sekarang menggunakan media sosial dalam berkomunikasi.

Kata Kunci: Etika Komunikasi, Gen-Z, Media Sosial Facebook


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dewi Tatri Mouhana - Personal Name
Student ID
1803030010
Dosen Pembimbing
HOTLIF ARKILAUS NOPE - 197711242005011002 - Dosen Pembimbing 1
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Ketua Penguji
Imanta I Peranginangin - 197408142005011002 - Penguji 1
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Mou D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA