Tinjauan Kriminologi Terhadap Perzinahan Yang Dilakukan Oleh Anggota Tni Dengan Istri Sesama Anggota TNI Di Wilayah Hukum Pengadilan Militer III-15 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Tinjauan Kriminologi Terhadap Perzinahan Yang Dilakukan Oleh Anggota Tni Dengan Istri Sesama Anggota TNI Di Wilayah Hukum Pengadilan Militer III-15 Kupang

XML

Kriminologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mengapa orang melakukan tindak kejahatan.Indonesia mempunyai kekuatan militer yang disebut Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kehadiran TNI sebagai komponen utama dalam sistem pertahanan negara tidak berarti bahwa terhadap pelanggaran-pelanggaran hukum tidak diadakan tindakan apapun.Salah satu kejahatan yang dilakukan anggota militer adalah Perzinahan, hal ini dapat merusak tatanan keluarga dan menimbulkan dampak yang besar terhadap institusi TNI sebagai lembaga negara. Dari uraian diatas penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan teori-teori kriminologi, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah faktor penyebab anggota TNI melakukan tindak pidana perzinahan dengan istri sesama TNI?dan (2) Bagaimanakah upaya penanggulangan anggota TNI melakukan tindak pidana perzinahan dengan istri sesama TNI?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang mana datanya diperoleh secara langsung di lokasi penelitian yaitu Pengadilan Militer III-15 Kupang. Penelitian ini menggunakan metode wawancara terhadap empat Responden, kemudian data dianalisis secara deskriptif-kualitatif.
Hasil penellitian menunjukan bahwa: (1) Faktor penyebab anggota TNI melakukan perzinahan dengan istri sesama anggota TNI disebabkan atas dua faktor yaitu: Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Faktor Internal meliputi kepribadian yang berkaitan dengan moral dan etika, serta tidak patuhan terhadap hukum dan Faktor Eksternal meliputi Kondisi keluarga dan Peran pasangan zina. (2) Upaya Penanggulangan Anggota TNI melakukan tindak pidana perzinahan dengan istri sesama anggota TNIyaitu: Upaya represif dan preventif. Upaya repsesif berupa pemidanaan terhadap pelaku, sedangkan Upaya preventif berupa soaliasasi dan penanaman hal positif kepada anggota TNI.
Saran terhadap hasil penelitian ini ialah: (1) Kepada seluruh anggota TNI yang tempat tugasnya ditempatkan jauh dari keluarga agar memaximalkan cuti tahunan yang didapat dengan baik dengan berkumpul bersama keluarga dan menjalin komunikasi yang harmonis. (2) Kepada seluruh anggota TNI diadakan sosialisasi oleh kepala satuan masing-masing tentang pentingnya kesadaran terhadap hukum, sosialisai mengenai perzinahan dan hal-hal lain yang dapat merusak citra intansi TNI. (3) Kepada seluruh isteri dari anggota TNI baik TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU agar dapat bertindak dan berperilaku dengan baik untuk menjaga nama baik instansi dimana suami bekerja.

Kata Kunci:Faktor penyebab, Anggota TNI, Tindak Pidana Perzinahan, Istri Sesama TNI, Upaya Penanggulangan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1902010052
Dosen Pembimbing
RUDEPEL PETRUS LEO - 196406121990031003 - Dosen Pembimbing 1
Heryanto Amalo, S.H., M.H. - 19651130 199203 1 002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thelma S M Kadja - 195810171988032001 - Ketua Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Penguji 1
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 REI T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA