PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG ADAPTASI DAN CIRI-CIRI TUMBUHAN DIKELAS VI SD ELPIDA KIUTETA KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG ADAPTASI DAN CIRI-CIRI TUMBUHAN DIKELAS VI SD ELPIDA KIUTETA KABUPATEN KUPANG

XML

Latar belakang penelitian ini adalah masih belum maksimalnya hasill belajar siswa kelas VI pada pelajaran IPA tentang adaptasi dan cir-ciri tumbuhan di SD Elpida Kiuteta. Pada saat pembelajaran terlihat motivasi belajar siswa yang kurang, penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan, kurang optimalnya guru dalam penggunaan model pembelajaran yang lebih bervariasi dan membuat siswa berpikir kritis. tujuan penelititan ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil bealajar IPA tentang adaptasi dan cirri-ciri tumbuhan dikelas VI SD Elpida Kiuteta.Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan metode eksperimen dapat diartikan sebagai jenis quasi eksperimentipe nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Elpida Kiuteta yang berjumlah 22 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIA 11 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB 11 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah model discovery learning sedangkan pada kelas kontrol adalah ceramah. Ada 6 langkah dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning, yaitu 1) stimulation, 2) problem statement,3) data collection, 4) data processing, 5) verification, 6) generalization. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. rerata selisish skor pada kelas eksperimen dengan mean= 86.82 lebih tinggi dari rerata selisih kelas control dengan mean= 57.27 perbedaan tersebut signifikan dengan harga sig. (2-tailed) 0,000 ( atau p < 0,005).


Detail Information

Item Type
Penulis
CHARLIN P. TUALAKA - Personal Name
Student ID
1601140121
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tua P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA