Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG ADAPTASI DAN CIRI-CIRI TUMBUHAN DIKELAS VI SD ELPIDA KIUTETA KABUPATEN KUPANG
XMLLatar belakang penelitian ini adalah masih belum maksimalnya hasill belajar siswa kelas VI pada pelajaran IPA tentang adaptasi dan cir-ciri tumbuhan di SD Elpida Kiuteta. Pada saat pembelajaran terlihat motivasi belajar siswa yang kurang, penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan, kurang optimalnya guru dalam penggunaan model pembelajaran yang lebih bervariasi dan membuat siswa berpikir kritis. tujuan penelititan ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil bealajar IPA tentang adaptasi dan cirri-ciri tumbuhan dikelas VI SD Elpida Kiuteta.Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan metode eksperimen dapat diartikan sebagai jenis quasi eksperimentipe nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Elpida Kiuteta yang berjumlah 22 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIA 11 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB 11 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah model discovery learning sedangkan pada kelas kontrol adalah ceramah. Ada 6 langkah dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning, yaitu 1) stimulation, 2) problem statement,3) data collection, 4) data processing, 5) verification, 6) generalization. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. rerata selisish skor pada kelas eksperimen dengan mean= 86.82 lebih tinggi dari rerata selisih kelas control dengan mean= 57.27 perbedaan tersebut signifikan dengan harga sig. (2-tailed) 0,000 ( atau p < 0,005).
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
CHARLIN P. TUALAKA - Personal Name
|
Student ID |
1601140121
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tua P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |