Mekanisme Penyelesaian Kasus Pembuangan Bayi Di Kelurahan Liliba Kecamatan Oebobo Kota Kupang (Studi Kasus di Wilayah Polsek Oebobo)

Detail Cantuman

Skripsi

Mekanisme Penyelesaian Kasus Pembuangan Bayi Di Kelurahan Liliba Kecamatan Oebobo Kota Kupang (Studi Kasus di Wilayah Polsek Oebobo)

XML

Pembuangan bayi merupakan bagian dari kejahatan atau tindak pidana, maka sudah sepantasnya pelaku tindak pidana tersebut dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya dan pelaku harus mendapatkan sanksi pidana, hal ini dilakukan demi menjamin adanya kepastian hukum sebagai suatu sistem sehingga dapat menghasilkan kesadaran hukum yang tinggi dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai negara hukum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :(1). Bagaimanakah mekanisme penyelesaian kasus pembuangan bayi di Wilayah Polsek Oebobo, Kota Kupang? (2). Hambatan apakah yang dialami dalam penyelesaian kasus pembuangan bayi di Wilayah Polsek Oebobo, Kota Kupang?
Metode Penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode empiris dimana peneliti mendapatkan data langsung dari kepolisian Sektor Oebobo , Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan cara wawancara dan studi pustaka berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan dan bahan lainnya yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara lain (1) mekanisme penyelesayan kasus pembuangan bayi antara lain: Melakukan penyidikana dan Penuntutan. (2). Hambatan yang dialami dalam kasus pembuangan bayi : Kurangnya keterangan informasi, Keterangan saksi yang berbelit-belit dan Sarana pendukung pada tempat kejadian perkara kurang memadai. Dari penelitian yang sudah dilakukan maka penulis memberi saran Terkhusus untuk para wanita untuk tidak melakukan tindakan yang tercela dalam dalam masyarakat sebagaimana perbuatan pembuangan bayi yang baru dilahirkan merupakan suatu perbuatan pidana yang dapat diancam dengan ancaman pidana penjara. Selain itu, Terhadap masyarakat Indonesia dalam melakukan suatu tindakan hendaknya memahami maksud dan akibat dari perbuatan yang dilakukan apakah perbuatan tersebut dapat memberikan dampak positif atau justru memberikan dampak negatif terhadap kehidupan.

Kata kunci: Pembuangan Bayi, Mekanisme Penyelesayan, Hambatan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1902010539
Dosen Pembimbing
BHISA VITUS WILHELMUS - 196106151989011001 - Dosen Pembimbing 1
HERYANTO AMALO - 196511301992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Debi F. Ng. Fallo - 19700525 199512 1 001 - Ketua Penguji
Bhisa V. Wihelmus - 196106151989011001 - Penguji 1
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 NUK M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA