Upaya Penanggulangan Dan Hambatan-Hambatan Kenakalan Anak (Studi Kasus di wilayah Kepolisian Sektor Oebobo, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Penanggulangan Dan Hambatan-Hambatan Kenakalan Anak (Studi Kasus di wilayah Kepolisian Sektor Oebobo, Kota Kupang)

XML

Dewasa ini banyak sekali persoalan yang sering terjadi, hingga menimbulkan kegaduhan-kegaduhan di lingkungan masyarakat sampai berujung pada kericuhan maupun kematian. Salah satu persoalan yaitu kenakalan anak. Kenakalan anak merupakan proses seorang mencari jati diri, di mana pada saat usia seperti itu hasrat dan niat untuk mencoba melakukan sesuatu sangatlah besar, namun tidak sepantasnya untuk dilakukan karena mempunyai dampak negatif bagi banyak orang maupun untuk diri sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah upaya penanggulangan kenakalan anak oleh Kepolisian Sektor Oebobo? (2) Apakah Hambatan-hambatan yang dihadapi Kepolisian Sektor Oebobo dalam upaya penanggulangan kenakalan anak? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau penelitian hukum sosiologis.
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, di mana penulis mendapatkan data langsung di Kepolisian Sektor Oebobo. Data penelitian ini meliputi dan primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan studi pustaka berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dan bahan lainnya yan berhubungan dengan masalah yang diteliti. Analisis data menggunakan analisi data kualitatif .
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Upaya penanggulangan kenakalan anak oleh Kepolisian Sektor Oebobo ialah upaya preemtif, prevemtif dan represif. (2) Hambatan- hambatan yang dialami kepolisian dalam upaya penangulangan kenakalan anak adalah, (a) Kurangnya Kepercayaan Masyarakat kepada Kepolisian, (b) Jumlah Personil yang tidak memadai dan (c) Ketidakdisiplinan Pihak Kepolisian dalam kegiatan Sosialisasi.
Saran dalam penulisan ini terutama bagi orang tua agar selalu mengawasi serta memberikan pencerahan yang positif kepada anak akan bahayanya pergaulan yang buruk, karna akan merugikan diri sendiri, orang tua maupun banyak orang. Dan untuk pihak kepolisian harus lebih berpikir kritis lagi ke depan untuk bisa mengurangi kenakalan di anak di masa kini.

Kata Kunci: Upaya Penanggulangan, Hambatan, Kenakalan Anak.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1902010465
Dosen Pembimbing
BHISA VITUS WILHELMUS - 196106151989011001 - Dosen Pembimbing 1
HERYANTO AMALO - 196511301992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Debby F.Ng.Fallo - 197005251995121001 - Ketua Penguji
Bhisa V. Wihelmus - 196106151989011001 - Penguji 1
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 KOL U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA