Hubungan Lingkungan Belajar Di Sekolah Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Lingkungan Belajar Di Sekolah Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang

XML

Tujuan Penelitian Berdasarkan Rumusan Masalah di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui.1. Mengetahui hubungan positif antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang. 2. Mengetahui hubungan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang. 3. Mengetahui hubungan lingkungan sekolah dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang. Metode penelitiannya adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu Angket dan Dokumentasi. Jumlah responden 22 orang yang terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 14 orang dengan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi ganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Oetete 2 Kupang. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Terdapat hubungan positif antara lingkungan belajar di sekolah dan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang dengan nilai (0,050). Karena lingkungan belajar di sekolah berhubungan dengan dengan prestasi belajar siswa. (2). Terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang dengan nilai (0,750). Karena disiplin belajar berhubungan dengan prestasi belajar siswa. (3). Terdapat hubungan positif antara hubungan lingkungan belajar di sekolah dan prestasi belajar terhadap prestaasi belajar siswa kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang dengan nilai (0,860). Karena ada hubungan positif antara lingkungan belajar di sekolah dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Terdapat hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa dapat dibuktikan dengan nilai 〖t 〗_(hitung ) (0,376) < 〖t 〗_(tabel )(0,380),〖t 〗_(hitung ) (0,308) < 〖t 〗_(tabel )(0,380), dan 〖t 〗_(hitung ) (0,318) < 〖t 〗_(tabel )(0,380). Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima karena terdapat hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang.
Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Mesty Yulita Ndun - Personal Name
Student ID
1601140081
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NDU H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA