Skripsi
Hubungan Lingkungan Belajar Di Sekolah Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang
XMLTujuan Penelitian Berdasarkan Rumusan Masalah di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui.1. Mengetahui hubungan positif antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang. 2. Mengetahui hubungan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang. 3. Mengetahui hubungan lingkungan sekolah dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang. Metode penelitiannya adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu Angket dan Dokumentasi. Jumlah responden 22 orang yang terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 14 orang dengan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi ganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Oetete 2 Kupang. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Terdapat hubungan positif antara lingkungan belajar di sekolah dan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang dengan nilai (0,050). Karena lingkungan belajar di sekolah berhubungan dengan dengan prestasi belajar siswa. (2). Terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang dengan nilai (0,750). Karena disiplin belajar berhubungan dengan prestasi belajar siswa. (3). Terdapat hubungan positif antara hubungan lingkungan belajar di sekolah dan prestasi belajar terhadap prestaasi belajar siswa kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang dengan nilai (0,860). Karena ada hubungan positif antara lingkungan belajar di sekolah dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Terdapat hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa dapat dibuktikan dengan nilai 〖t 〗_(hitung ) (0,376) < 〖t 〗_(tabel )(0,380),〖t 〗_(hitung ) (0,308) < 〖t 〗_(tabel )(0,380), dan 〖t 〗_(hitung ) (0,318) < 〖t 〗_(tabel )(0,380). Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima karena terdapat hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang.
Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Mesty Yulita Ndun - Personal Name
|
Student ID |
1601140081
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 NDU H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |