Penyelesaian Sengketa Tanah Antar Warga Oleh Pemeritah Desa Di Desa Tainsala Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Penyelesaian Sengketa Tanah Antar Warga Oleh Pemeritah Desa Di Desa Tainsala Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Tekanan pertumbuhan penduduk dan berbagai aktivitas manusia atas tanah dengan sendirinya membuat tanah sebagai pusat persoalan. Hal ini membutuhkan proses penyelesaian yang cepat, biaya ringan, serta mampu menjaga keharmonisan di dalam kehidupan masyarakat. Dari latar belakang masalah tersebut penulis melakukan penelitian tentang upaya pemerintah desa dalam menyelesaikan sengketa tanah antar warga. Dengan rumusan masalah: (1) Apakah faktor-faktor penyebab terjadinya sengketa tanah antar warga di Desa Tainsala.
(2) Bagaimana peran pemerintah Desa Tainsala dalam menyelesaikan sengketa tanah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahi faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya sengketa tanah antar warga di Desa Tainsala
(2) Untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah Desa Tainsala dalam menyelesaikan sengketa tanah antar warga di Desa Tainsala. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian empiris yakni data yang diperoleh langsung dari lapangan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris, dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yakni pendekatan yng didasarkan pada jenis data serta analisis data. Data yang digunakan meliputi data primer, sekunder, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi nono-partispan. Juga, menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dimana data disajikan dengan menggambarkan hasil peneltian tentang upaya penyelesaian sengketa tanah antar warga oleh pemerintah desa.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Faktor yang menyebabkan terjadinya sengketa tanah antar warga di Desa Tainsala, karena ketidakjelasan status kepemilikan tanah, pengaruh penyelesaian adat (belis), meningkatnya kebutuhan hidup dan mahalnya harga tanah serta konflik antara penjual dan pembeli tanah.
(2) Peran pemerintah Desa dalam menyelesaikan sengketa tanah antar warga di Desa Tainsala, penyelesaian dengan cara mediasi yakni kepala desa sebagai penengah dalam menyelesaikan sengketa antar dua pihak dan penyelesaian secara kekeluargaan yakni penyelesaian yang dilakukan dengan jalur damai melibatkan unsur kekeluargaan dari pihak-pihak yang berperkara. Adapun saran yaitu: (1) Pemerintah desa harus memberikan arahan kepada masyarakat untuk memperjelas sertifikat atas tanah. (2) Pemerintah Desa harus membuat surat pernyataan apabila penyelesaian sengketa tanah dilakukan secara kekeluargaan.

Kata kunci: Faktor Penyebab, Upaya Penyelesaian Sengketa Tanah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
IRENE LION SANAK - Personal Name
Student ID
1902010288
Dosen Pembimbing
SUKARDAN ALOYSIUS - 195909061986011001 - Dosen Pembimbing 1
DARIUS MAURITSIUS - 197705312005011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Agustinus Hedewata - 1959082819866031004 - Ketua Penguji
Sukardan Aloysius - 195909061986011001 - Penguji 1
Darius Mauritsius - 197705312005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 SAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA