Skripsi
Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E Kelas X SMA Negeri 3 Atambua Tahun Pelajaran 2023/2024
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Fase E kelas X SMA Negeri 3 Atambua tahun pelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dilakukan oleh pendidik yang merupakan pencermatan kegiatan belajar yang berupa tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional (Arikunto, 2012).
Setelah melakukan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I, dimana nilai ketuntasan klasikal (KK) 6,66% dengan nilai observasi pendidik sebesar 95% dan nilai observasi peserta didik sebesar 93,7%. Siklus II, nilai ketuntasan klasikal (KK) 100% dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100 dengan nilai observasi pendidik sebesar 97,5% serta nilai observasi peserta didik sebesar 98,75%. Siklus III, nilai ketuntasan klasikal (KK) 100% dengan nilai terendahnya 80 dan nilai tertingginya 100 dengan nilai observasi pendidik sebesar 100% serta nilai observasi peserta didik juga sebesar 100%.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada materi keaneakaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik fase E kelas X SMA Negeri 3 Atambua tahun pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Implementasi, Model Problem Based Learning (PBL)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
GASPAR GONSALVES - Personal Name
|
Student ID |
1901040037
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1 ARINI RAHMA DANI - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 GON I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |