Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Dan Perkembangan Anak Di Sma Negeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Dan Perkembangan Anak Di Sma Negeri 4 Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan program sekolah ramah anak yang perlu diterapkan di SMA Negeri 4 Kota Kupang dan Mendeskripsikan tahap perkembangan penerapan program sekolah ramah anak di SMA Negeri 4 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis dan lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telahdiperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMA Negeri 04 Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: 1) perlunya diterapkan penerapan program sekolah ramah anak di SMAN 04 Kota Kupang yaitu untuk membantu meingkatkan kualitas pendidikan dsekolah karena dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak untuk belajara dan berkembang secara optimal. Dalam penerapan program sekolah ramah anak di SMAN 04 Kota Kupang terdapat berbagai strategi yang dapat dilakukan seperti penyusunan kebijakan,peltihan bagi guru dan staf sekolah serta pembentukan komite sekolah ramah anak. Oleh karena itu,diharapkan agar pihak sekolah dapat segera melakukan penerapan program sekolah ramah anak sebagai bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan dan perkembangan anak. 2) tahap perkembangan dari penerapan program sekolah ramah anak sebagai upaya pemenuhan hak dan perkembangan anak di SMAN 04 Kota Kupang adalah SMAN 04 Kota Kupang telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak terlihat dari adanya program pembinaan karakter siswa,kegiatan ekstrakulikuler yang menunjang psikologis dan sosial siswa serta aturan dan tata tertib untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi siswa walaupun masih terdapat kendala seperti keterbatasan sarana dan sarana, keterbatasan tenaga pendidik yang terampil untuk mengelola dan menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak. Namun sekolah telah merancanakan langkah strategis dalam mengatasi kendala tersebut dengan evaluasi-evaluasi yang dilaksanakan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Silvya Hamundiawa - Personal Name
Student ID
1901070048
Dosen Pembimbing
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 1
Daud Y. Nassa - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Penguji 1
Daud Y. Nassa - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Awa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA