Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal Bagi Kemampuan Sosial Emosional Siswa Di SD Negeri Balfai Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal Bagi Kemampuan Sosial Emosional Siswa Di SD Negeri Balfai Kupang

XML

Skripsi oleh Roswita Radegunda Effi, Nim 1601140141 (2021) berjudul “Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal Bagi Kemampuan Sosial Emosional Siswa Di SD Negeri Balfai Kupang”. Sebuah keluarga yang lengkap terdiri dari suami, istri dan anak. Setiap anggota keluarga memiliki tugas dan tanggung jawab masing- masing. Seorang istri dengan status single parent mengalami perubahan peran dan tanggung jawab dalam keluarga. Menjadi single parent mengharuskan seorang perempuan untuk menjalani dua tanggung jawab sebagai seorang ayah dan ibu. Untuk mendeskripsikan keadaan itu, penelitian ini menggunakan rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal Bagi Kemampuan Sosial Emosional Siswa Di SD Negeri Balfai Kupang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ibu sebgai orang tua tunggal dalam mendidk anak-anak, dengan metode penelitian yang digunakan daklam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi yang mencakup 5 orang tua tunggal. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yakni analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini diadakan di SD Negeri Balfai Kupang, dengan hasil penelitian tentang peran orang tua tunggal meliputi peran sebagai : pendidik, peran sebagai pendorong, peran sebagai panutan, peran sebagai pengawas, Ddan peran sebagai pembimbing.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa orang tua tunggal di SD Negeri Balfai Kupang berperan penting dalam pendidikan anak-anak. Orang tua tunggal akan memberikan pendidik kepada anak-anak melalui jenjang sekolah formal setinggi mungkin. Walaupun orang tua tunggal kurang mampu dalam berpendidikan dan ekonomi tetapi anak akan tetap harus sekolah. Masalah yang dihadapi oleh orang tua tunggal di SD Negeri Balfai Kupang yaitu : masalah perekonomian keluarga, susahnya membagi waktu antara bekerja dan mengurus anak dan susah mengatur keseimbangan antara keperluan pribadi dan keperluan anak- anak


Kata kunci : Peran Ibu Tunggal, Sosial Emosional


Detail Information

Item Type
Penulis
Roswita Radegunda Effi - Personal Name
Student ID
1601140141
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Eff P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA