Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Persamaan Lingkaran pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Fatuleu

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Persamaan Lingkaran pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Fatuleu

XML

Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan menguasai sejumlah materi pembelajaran yang dalam prosesnya siswa tidak hanya mengenal dan mengetahui, tetapi mampu mengungkapkan kembali konsep dan mampu mengaplikasikannya. Dari hasil observasi di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Fatuleu menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa masih sangat rendah terutama pada materi persamaan lingkaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep persamaan lingkaran pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Fatuleu dengan menerapkan model Discovery Learning berbantuan GeoGebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi dengan analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai 66,67% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Penerapan model Discovery Learning berbantuan GeoGebra ini juga meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada setiap siklus dengan persentasenya mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep persamaan lingkaran pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Fatuleu.
Kata Kunci : Kemampuan pemahaman konsep, Persamaan lingkaran, Discovery Learning, GeoGebra


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Marfin Marlisye Noman - Personal Name
Student ID
1901030058
Dosen Pembimbing
Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc - 19651231 199203 1 027 - - Dosen Pembimbing 1
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Nom P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA