PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) VIA INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI (Studi Pada Followers Akun Instagram @kopikembo.kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) VIA INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI (Studi Pada Followers Akun Instagram @kopikembo.kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) yang terdiri dari dimensi Platform assistance, Expressing positive feelings, Concern for others, Social benefits, Helping the company, Advice seeking, baik secara parsial maupun simultan. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e- wom) simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli di Kedai Kopi Kembo Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh followers Instagram @kopikembo.kupang. Sampel yang diambil sebanyak 94 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis linear berganda. Analisis ini meliputi : Uji Kontribusi Variabel (Uji t), Uji Kebaikan Model (Uji f), serta Uji Kontribusi Model dengan menggunakan aplikasi SPSS 22.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa secara keseluruhan responden memberikan peilaian presepsi yang terkategori baik untuk keenam dimendi e-WOM maupun pengambilan keputusan pembelian konsumen. Dari hasil Analisis Linear berganda didapatkan persamaan matematis: Y=7.907+0.423X1+0.055X2+0.310X3+ 0.461X4+0.463X5+0.370X6. Hasil Uji F dan Uji t menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial kelima dimensi e-WOM berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan variabel Expressing positive (X2) berpengaruh terhadap minat beli tetapi tidak secara signifikan, dikarenakan kurangnya komentar-komentar dari konsumen mengenai Kedai Kopi Kembo.
Berdasarkan R2 atau biasa disebut dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,714 artinya 71,4%variasi yang terjadi terhadap tinggi rendahnya Minat Beli disebabkan oleh Platform assistance (X1), Concern for others (X2), Social benefits (X3), Advice seeking (X4), Expressing positive feelings (X5), Helping the company (X6) sedangkan sisanya 28,6% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : e-WOM (Platform Assistance, Concern for Others, social benefits, advice seeking, Expressing Positive Feelings, and Helping the Company), Minat Beli.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1803020381
Dosen Pembimbing
nthonius B Mesakh - 19620806 198803 1 002 - Dosen Pembimbing 1
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Abas Kasim - 196004141988031008 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Dai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA