Implementasi Agreement On Sanitary And Phytosanitary Measure (SPS) Terhadap Impor Komoditas Jamur Enoki (Flammulina Velutipes) Dari Korea Selatan Ke Indonesia

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Agreement On Sanitary And Phytosanitary Measure (SPS) Terhadap Impor Komoditas Jamur Enoki (Flammulina Velutipes) Dari Korea Selatan Ke Indonesia

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi ketetapan-ketetapan SPS melalui studi analisis kesesuaian SPS Agreement yang diatur secara resmi di dalam aturan WTO/GATT dengan aturan regulasi nasional Indonesia atas kasus Penolakan Importasi Jamur Enoki dari Korea Selatan ke Indonesia.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini menekankan pada metode yuridis normatif. Kerangka pemikiran penelitan ini berangkat dengan konsepsi Hak dan Tanggung Jawab negara dalam memberikan keamanan atas kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan dari produk yang diimpor dari luar negeri. Hal ini diatur secara jelas di dalam aturan WTO/GATT khususnya pada bagian kesepakatan atas perlindungan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan dari bahaya produk impor, atau yang disebut dengan Agreement on Sanitary and Phytosanitary Measure (SPS Agreement). Melalui prosedur penerapan beberapa prinsip SPS Agreement yakni Kesetaraan, Tingkat Perlindungan yang sesuai; Penilaian Risiko, Kondisi Regional; dan Transparansi, Negara Indonesia dituntut untuk mampu menerapkan SPS Agreement dengan legal sesuai dengan aturan WTO/GATT.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan SPS Agreement oleh Indonesia atas Penolakan Importasi Jamur Enoki dari Korea Selatan dirasa sudah patuh dan sesuai dengan prinsip-prinsip SPS Agreement yang diatur di dalam aturan WTO/GATT. Banyak hal yang penting untuk dibenahi adalah sarana pendukung yang seharusnya bisa dimaksimalkan untuk penerapan SPS Agreement yang fair dan komprehensif.

Kata Kunci : sps agreement, importasi jamur enoki, hukum perdagangan internasional


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RIZKY RAMADHON - Personal Name
Student ID
1602010275
Dosen Pembimbing
Jeffry A. Ch. Likadja - 197709122006041002 - Dosen Pembimbing 1
GERALD ALDYTIA BUNGA - 198812112014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Elisabeth N.S.B. Tukan - 19830804 200801 2 006 - Ketua Penguji
JEFFRY A. CH. LIKADJA - - Penguji 1
Gerald Aldytia Bunga - 198812112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 RAM I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA