Gerakan Penolakan Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sumber Daya Alam ( Studi Tambang Galian C di Urun Pigang, Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka )

Detail Cantuman

Skripsi

Gerakan Penolakan Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sumber Daya Alam ( Studi Tambang Galian C di Urun Pigang, Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka )

XML

Penelitian ini berjudul “Gerakan Perlawanan Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sumber Daya Alam (studi tambang galian c di urun pigang, kelurahan wailiti, kecamatan alok barat, kabupaten sikka)” Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui Bagaimana Gerakan Perlawanan Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sumber Daya alam (studi tambang galian c di urun pigang, kelurahan wailiti,kecamatan alok barat, kabupaten sikka) dan peluang keberhasilan dari gerakan perlawan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif menggunakan studi kasus. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni kategorisasi, interpretasi, induksi dan tringualisasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori gerakan perlawanan atau gerakan Resistensi yang di kemukakan oleh james scoot. Gerakan perlawanan yang dilakukan masyarakat urun pigang terhadap pengelolaan tambang galian c dilakukan secara terorganisir atau terbuka dan juga gerakan penolakan secara tidak terorganisir atau tertutup. Hasil penelitian Ini menunjukan bahwa gerakan perlawanan yang dilakukan oleh masyarakat diakibatkan oleh adanya penambangan yang kurang memperhatikan kondisi lingkungan. Berbgai upaya yang dilakukan oleh masyarakat agar pemerintah mengatasi dapat meninjau permasalahan yang terjadi. Masyarakat pun mulai melakukan gerakan perlawanan dimana dimulai dari gerakan secara tertutup, yakni masyarakat membentuk forum untuk sama-sama melakukan penolakan. Sedangkan gerakan secara terbuka dimana masyarakat mulai memberanikan diri untuk memprotes langsung kepada pemerinta Dinas Lingkungan Hidup terkait dari aktivitas penambangan itu sendiri.

Kata kunci, kerusakan lingkungan, gerakan perlawanan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DESPI MOA - Personal Name
Student ID
1903040002
Dosen Pembimbing
Frans B Ricky Humau - 1991010620190331008 - Dosen Pembimbing 1
Frans W. Muskanan - 8886423419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
FRANS B.RICKY HUMAU - 199101062019031008 - Ketua Penguji
Frans W. Muskanan - 8886423149 - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 MOA G
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA