Analisis Senyawa Rotenoid dari Daun Kacang Babi (Tephrosia vogelii SP.) Bunga Ungu dan Bunga Putih Menggunakan LCMS dan Uji Aktivitas Insektisida Terhadap Kutu Anjing (Rhipicephalus sanguineus)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Senyawa Rotenoid dari Daun Kacang Babi (Tephrosia vogelii SP.) Bunga Ungu dan Bunga Putih Menggunakan LCMS dan Uji Aktivitas Insektisida Terhadap Kutu Anjing (Rhipicephalus sanguineus)

XML

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Analisis Senyawa Rotenoid Dari Daun Kacang Babi (Tephrosia vogelii SP.) Bunga Ungu Dan Bunga Putih Menggunakan LCMS Dan Uji Aktivitas Insektisida Terhadap Kutu Anjing (Rhipicephalus sanguineus)’’. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan senyawa rotenoid daun kacang babi (Tephrosia vogelii) menggunakan LCMS dan untuk mengetahui kemampuan aktivitas insektisida ekstrak daun kacang babi (Tephrosia vogelii) terhadap kutu anjing. Ekstraksi daun kacang babi (Tephrosia vogelii) ini dilakukan dengan metode maserasi dan fraksinasi, kemudian dianalisis menggunakan HPLC, LCMS dan CNMR. Hasil analisis HPLC dari fraksi etil asetat daun bunga putih menunjukkan dua puncak pada kromatogram dan hasil analisis LCMS dideteksi mengandung senyawa rotenon dan tephrosin. Sementara, dari fraksi diklorometana daun bunga ungu menunjukkan satu puncak pada kromatogram HPLC dan hasil analisis LCMS diketahui mengandung senyawa tephrosin dan dilanjutkan analisis CNMR yang menghasilkan senyawa tephrosin dari daun kacang babi bunga ungu. Uji aktivitas insektisida diuji menggunakan metode kontak dengan hasil yang diperoleh yaitu ekstrak daun kacang babi memiliki aktivitas insektisida terhadap kutu anjing (Rhipicephalus sanguineus).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EFRAVIANA INUR - Personal Name
Student ID
1906070077
Dosen Pembimbing
THEODORE Y K LULAN - 197910202003121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius R Basa Ola - 197809102005011001 - Ketua Penguji
Theodore Y K Lulan - 197910202003121001 - Penguji 1
Titus Lapailaka - 198406162008121002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
47201
Edisi
Published
Departement
KIMIA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
472.01 Inu A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA