PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI BERTINGKAT NAIKOTEN DALAM MEMAHAMI ISI CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI KARAKTER

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI BERTINGKAT NAIKOTEN DALAM MEMAHAMI ISI CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI KARAKTER

XML

Skripsi oleh Elisabeth Kidi, NIM 1901140119 (2023) berjudul Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Kelas II SD Negeri Bertingkat Naikoten dalam Memahami Isi Cerita dengan Menggunakan Media Video Animasi Karakter. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan kemampuan peserta didik kelas II SD Negeri Bertingkat Naikoten dalam memahami isi cerita dengan menggunakan media video animasi karakter? Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan,
peserta didik dalam memahami isi cerita dengan menggunakan media video animasi karakter. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai
berikut:perencanan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan/observasi dan tes serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 27 orang dengan rincian laki-laki 16 dan 11 perempuan.Ada dua jenis pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan teknik observasi dan tes.Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bertingkat Naikoten dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus 1 dari 27 siswa, yang tuntas 16 orang (59%), peserta didik yang tuntas ini dikarenakan mereka memiliki sikap siap belajar yang baik, selalu aktif dalam pembelajaran dan fokus dalam mengerjakan tes,
sehingga mereka meperoleh nilai yang baik. Selain itu, guru juga memberikan penjelasan dengan memanfaatkan media video animasi karakter dan memberikan stimulus kepada
peserta didik dengan baik sehingga mampu merangsang pemikiran peserta didik.Selanjutnya yang tidak tuntas 11 orang (41%), dikarenakan kurangnya kesiapan dalam mengikuti
pembelajaran, sibuk dengan aktivitas pribadi dan kurang fokus/konsentrasi dalam mnegerjakan tes sehingga menyebabkan hasil yang didapat adalah rendah. Hasil penelitian
pada siklus II menunjukkan bahwa dari 27 peserta didik semua dinayatakan tuntas (100%), karena pada siklus II ini guru menyiapkan sikap psikis anak sebelum pembelajaran dan semua mengikuti pemeblajaran dalam keadaan yang siap, aktif dalam pembelajaran dan fokus dalam menyimak video yang ditayangkan serta fokus mengerjakan tes sehingga peserta didik memperoleh nilai yang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi karakter dapat meningkatkan kemmapuan peserta didik kelas II SD Negeri Bertingkat Naikoten dalam memahami isi cerita.

Kata kunci: memahami isi cerita, media animasi karakter


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Elisabeth Kidi - Personal Name
Student ID
1901140119
Dosen Pembimbing
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
MARKUS SAMPE - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 KID P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA