PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN CERITA DONGENG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS III SD INPRES KABERAN RAY

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN CERITA DONGENG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS III SD INPRES KABERAN RAY

XML

Skripsi oleh Maria Venita Seuk. Nim 1901140213 dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Cerita Dongeng Dengan Menggunakan Media Video Siswa di Kelas III SD Inpres Kaberan Ray. Adapun Penelitian ini menguraikan permasalahan yang akan diselidiki yaitu : Bagaimana kemampuan mendengarkan cerita dongeng pada siswa kelas III SD Inpres Kaberan Ray?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan cerita dongeng pada siswa kelas III SD Inpres Kaberan Ray. Tipe penelitian ini adalah Penelitin Tindakan Kelas (PTK) Dengan langkah-langkah berikut ini: perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi berlokasi di SD Inpres Kaberan Ray. Subjek penelitian ini merujuk kepada siswa yang berada dalam kelas III jumlah yang ada 19 Individu siswa Terdiri dari 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Informasi yang telah dikumpulkan diproses dan diselidiki dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang kemampuan mendengarkan cerita dongeng pada siswa kelas III SD Inpres Kaberan Ray, penelitian menunjukan bahwa siklus I dari jumlah 19 orang siswa yang tuntas 2 siswa dengan presenatse ketuntasan 2%. Kegiatan guru pada tahap pertama siklus mencapai 75 Dengan kualifikasi yang positif. Aktivitas siswa mencapai 76,16 dengan kriteria Baik. Ketidakberhasilan belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh faktor kurangnya media pembelajaran, materi tentang mendengarkan cerita dongeng dan siswa tidak fokus dalam pembelajaran di kelas. Jumlah siswa yang berhasil menyelesaikan Siklus II 16 murid dengan tingkat keberhasilan 84,21%. Aktivitas guru siklus kedua mengalami peningkatan 94,64 dengan kriteria sangat bagus., Sementara itu, kegiatan para pelajar 88,55 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini, fokusnya adalah pada model pembelajaran yang menggunakan media sebagai alat atau sarana video Memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan menggali pengetahuan siswa tentang mendengarkan cerita dongeng pada siswa kelas III SD inpres Kaberan Ray.

Kata Kunci: mendengarkan, cerita dongeng, media video


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Maria Venita Seuk - Personal Name
Student ID
1901140213
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1
MARKUS SAMPE - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 SEU M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA