ASPEK HUKUM PENGANGKATAN ANAK MENURUT HUKUM ADAT SABU DI DESA LOBODEI KECAMATAN SABU TIMUR KABUPATEN SABU RAIJUA NUSA TENGGARA TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

ASPEK HUKUM PENGANGKATAN ANAK MENURUT HUKUM ADAT SABU DI DESA LOBODEI KECAMATAN SABU TIMUR KABUPATEN SABU RAIJUA NUSA TENGGARA TIMUR

XML

Pengangkatan anak menurut hukum adat sabu mengatur mengenai pengangkatan anak yang menimbulkan kedudukan yang sama dengan anak kandung sebagai penerus keturunan dan pewaris atas kekayaan orang tua angkatnya. Berdasarkan latar diatas maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana proses pengangkatan anak menurut Hukum Adat Sabu Didesa Lobodei Kecamatan Sabu Timur Kabupaten Sabu Raijua. (2) Apa akibat hukum dari Pengangkatan Anak menurut Adat Sabu Di Desa Lobodei kecamatan Sabu Timur Kabupaten Sabu Raijua.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif empiris yang menggunakan pendekatan induktif yaitu dengan menekankan pada pengamatan dahulu, lalu mengambil kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Aspek penelitian yang diteliti yaitu aspek Internal prosedur pengakatan anak menurut hukum adat sabu dan eksternal dampak hukum pengakatan anak.
Hasil penelitian terhadap rumusan masalah 1 terkait proses pengangkatan anak ditemukan bahwa proses pengakatan anak menggunakan hukum adat sabu diterapkan prosedur yakni: (1) Pasangan suami istri harus sepakat untuk mengangkat anak. (2). Waktu untuk orang tua kandung untuk berfikir. (3) jika disetujui maka akan ditentukan hari pelaksanaan upacara adat. (4) Melakukan upacara adat dan mengundang sanak saudara. Hasil penelitian terhadap Rumusan masalah 2 Dampak hukum yakni: (1) Larangan perkawinan antar anak dan orang tuanya. (2) Kewajiban orang tua untuk mengurus anak-anaknya. (3) Pada perkawinan perempuan ayah menjadi wali. (4) Tiap anak mempunyai hak waris terhadap harta warisan orang tuanya.
Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti berkesimpulan bahwa Pelaksanaan pengangkatan anak menurut masyarakat Adat sabu, dipimpin oleh tua adat yang dilakukan secara terang dan tunai, yang memiliki prosedur dan dan juga syarat yang mengikat masyarakat adatnya Akibat hukum yang ditemukan berdasarkan hasil yakni, anak mempunyai kedudukan yang berbeda-beda terhadap harta orang tua angkat maupun orang tua kandung tergantung dari motif orang tua angkat dalam mengangkat anak tersebut.
Saran kepada masyarakat Adat Desa Lobodei Kecamatan Sabu Timur Kabupaten Sabu Raijua agar melihat dan mempertahankan Hukum Adat sebagai latar belakang historis dari kelahiran Hukum itu sendiri dari Aspek Psikologis Hukum Adat tidak bisa dihilangkan dan dipisahkan dari Hukum yang ada sekarang ini supaya dengan adanya kepastian hukum dapat dipertahankan keahrifan local.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
PUTRA WILLIAM MAMO - Personal Name
Student ID
1702010066
Dosen Pembimbing
SUKARDAN ALOYSIUS - 195909061986011001 - Dosen Pembimbing 1
HUSNI KUSUMA DINATA - 197409142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
AGUSTINUS HEDEWATA - - 19590828 198603 1 004 - Ketua Penguji
Sukardan Aloysius - 195909061986011001 - Penguji 1
Husni Kusuma Dinata - 197409142005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 MAM A
Copyright
Individual Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA