PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUB TEMA 2 INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU SDK KAWALIWU KABUPATEN FLORES TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUB TEMA 2 INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU SDK KAWALIWU KABUPATEN FLORES TIMUR

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Sub Tema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku SDK Kawaliwu Kabupaten Flores Timur melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SDK Kawaliwu dengan jumlah 14 orang terdiri dari 8 laki – laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I dari jumlah siswa 14 orang yang tuntas 6 orang dengan presentase 43 %. Aktivitas guru siklus I mencapai 87,5 % dengan kategori baik. Aktivitas siswa mencapai 69,3% dengan kategori masih rendah. Ketidakberhasilan belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh faktor kurangnya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas serta kurangnya perhatian siswa selama proses pembelajaran. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 13 orang dengan presentase 93 %. Aktivitas guru siklus II mengalami peningkatan mencapai 91,67 % dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa 87,17% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat di simpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tema 7 Indahnya keragaman di negeriku sub tema 2 indahnya keragaman budaya negeriku, hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 93% dengan demikian penerapan model pembelajaran Koopertaif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dinyatakan berhasil.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (NHT) Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Febroni Boleng Aran - Personal Name
Student ID
1901140258
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ARA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA