PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISON (STAD) DI KELAS 1V SD NEGERI MAULAFA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISON (STAD) DI KELAS 1V SD NEGERI MAULAFA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang hak dan kewajiban mengunakan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut : perencaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi , dengan mengambil lokasi di kelas IV D. Subjek penelitian ini adalah siswa–siswi kelas IV D berjumlah 22 orang , yang terdiri dari laki – laki 7 orang sedangkan perempuan 15 orang . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskritif kualitatif . Hasil penelitian pada siklus ini nilai rata – rata kelas 65,45 meningkatkan menjadi 85,23 pada siklus II dengan peningkatan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II 19,78. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 68,19% meningkatkan menjadi 100% pada siklus II , dengan peningkatan persentase 31,81 % . Aktivitas siswa pada siklus I 63,53 menjadi 86,31 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 22,78 , maka dapat disimpulkan bahwah pengunaan modal pembelajaraan kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran tentang hak dan kewajiban dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV D SD Negeri Maulafa kota Kupang.
Kata kunci : Hasil belajar, Model STAD.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Claudia Tkela - Personal Name
Student ID
1701140002
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TKE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA