HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DAN XII SMA NEGERI 5 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DAN XII SMA NEGERI 5 KUPANG

XML

Kondisi keluarga yang harmonis dapat menjadi pendukung peserta didik dalam menyesuaikan diri. Peserta didik yang kurang mampu menyesuaikan diri di lingkungan sekolah dengan menunjukan perilaku tidak mendengarkan penjelasan dari guru, membuat keributan di dalam kelas, tidak mengerjakan tugas mengabaikan teguran dari guru hal ini diindikasikan karena ketidakharmonisan dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran keharmonisan keluarga peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 5 Kupang, (2) gambaran penyesuaian diri peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 5 Kupang, (3) Ada atau tidaknya hubungan antara kehamronisan keluarga dengan penyesuaian diri pada peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 5 Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kupang dengan jumlah populasi 967 orang dan sampel 96 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan menggunkan skala likert keharmonisan keluarga (29 item) dan penyesuaian diri (29 item).Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasional dan uji asumsi klasik dengan bantuan program SPSS 26.Version. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keharmonisan keluarga dominan berada pada kategori yang sangat tinggi dengan presentase 58,33% (56 orang) (2) Penyesuaian diri dominan berada pada kategori tinggi dengan presentase 73,95% (71 orang). Analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa antara keharmonisan keluarga dengan penyesuaian diri memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan nilai r hitung sebesar 0,465, dimana n= 96 dan derajat kebebasan (dk) adalah 94 dengan taraf signifikan 0,05 maka dapat diketahui r tabel sebesar 0,2006. Maka nilai r hitung > r tabel (0,465>0,2006).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan penyesuaian diri peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 5 Kupang. Artinya semakin tinggi keharmonisan keluarga maka semakin tinggi juga penyesuaian diri peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 5 Kupang.
Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Penyesuaian Diri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Faustina Ndepi - Personal Name
Student ID
1901160084
Dosen Pembimbing
Andriani P. Nalle - 198304142008122004 - Dosen Pembimbing 1
Katharina E.P. Korohama, S.Pd., M. Pd - 199106232019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Khetye Romelya Saba - 197901092008122002 - Ketua Penguji
Andriani P. Nalle, S.Psi, M.Ed (CPEP) - - Penguji 1
Katharina E. P. Korohama - 199106232019032025 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Nde H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA