Evaluasi Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Saijaob (Studi Kasus Pada Program Penddiikan Anak Usia Dini PAUD Saijaob)

Detail Cantuman

Skripsi

Evaluasi Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Saijaob (Studi Kasus Pada Program Penddiikan Anak Usia Dini PAUD Saijaob)

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan kualitas PAUD yang baik dapat memberikan manfaat jangka pendek dan panjang bagi kehidupan peserta didik. Melalui pengelolaan yang benar maka tujuan pendidikan diwujudkan secara optimal, efektif dan efisien. Dengan demikian evaluasi dilakukan untuk melihat lebih jauh proses pengelolaan yang sudah diterapkan serta melihat ketercapaian tujuan pendidikan dalam pengelolaan. Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kualitas yaitu model evaluasi CIPPO. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan lokasi penelitian adalah PAUD Saijaob. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengelola PAUD Saijaob, Guru-guru, Komite dan Orangtua siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan di PAUD Saijaob tergolong cukup baik dan perlu di kembangkan. Adapun temuan yang diperoleh pada Context evaluation, kerjasama di awal pembangunan PAUD Saijaob antara Pengelola,masyarakat dan pemerintah desa. Kurikulum yang digunakan oleh program hingga sekarang yaitu kurikulum K13. Input evaluation, peserta didik berasal dari lingkungan program, pengumuman pendaftaran melalui gereja dan lisan, kualitas pendidik dan tenaga kependidikan masih berijazah SMA, sarana prasarana yang digunakan bersumber dari alam dan masyarakat, PAUD Saijaob memiliki kerjasama dengan pihak pemerintah desa dan POSYANDU. Process evaluation materi belajar diadaptasikan dari tema nasional, metode yang digunakan pada saat proses pembelajaran antara lain, demonstrasi, tanya jawab, karya wisata dan hambatan pada saat proses pembelajaran adalah guru belum memiliki kemampuan untuk mengelola kelas. Product evaluation perkembangan peserta didik dari dari hari kehari meningkat dirasakan oleh orangtua siswa. dan Outcome evaluation ditemukan bahwa program PAUD Saijaob dari hari ke hari mengalami perkembangan serta melibatkan masyarakat dalam proses pengelolaan program.
Kata kunci: PAUD,CIPPO, Pengelolaan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Randi Nikanor Niuflapu - Personal Name
Student ID
1801170085
Dosen Pembimbing
GALLEX SIMBOLON - 198910042018031001 - Dosen Pembimbing 1
Frans Kristian Selly, M.Pd - 080928701 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Ketua Penguji
Frans Kristian Selly - - Penguji 1
Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05. NIU E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA