UPAYA TUTOR DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA PROGRAM PAKET C DI PKBM BINTANG FLOBAMORA. (Studi Kasus di PKBM Bintang Flobamora Kelurahan Sikumana Kecamatan Maulafa Kota Kupang )

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA TUTOR DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA PROGRAM PAKET C DI PKBM BINTANG FLOBAMORA. (Studi Kasus di PKBM Bintang Flobamora Kelurahan Sikumana Kecamatan Maulafa Kota Kupang )

XML

Pembelajaran tatap muka yaitu pembelajaran yang dilakukan secara langsung antara warga belajar dengan tutor dengan proses pembelajaran secara berhadapan, guna mewujudkan interaksi antara warga belajar dengan tutor maupun warga belajar dengan warga belajar lain. Rumusan masalah yaitu bagaimana upaya tutor dalam penerapan metode pembelajaran tatap muka pada program paket C. dan Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya tutor dalam penerapan metode pembelajaran tatap muka di program kesetaraan paket C di PKBM Bintang Flobamora.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di jalan Air Lobang 3 Kelurahan Sikumana Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Subjek penelitian adalah tutor dan warga belajar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tatap muka di PKBM Bintang Flobamora dalam langkah – langkah pembelajaran tatap muka yaitu, tutor harus menyiapkan tema pembelajaran yang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), sehingga proses pembelajaran terstruktur dan terarah. Adapun kelebihan pembelajaran tatap muka yaitu warga belajar lebih giat belajar dalam proses pembelajaran karena adanya interaksi secara langsung atau berhadapan antara tutor dengan warga belajar. dan kelemahan yaitu kurangnya kemandirian warga belajar dalam proses pembelajaran sehingga warga belajar bergantung pada tutor dalam proses pembelajaran. Namun adanya juga upaya tutor dalam penerapan metode pembelajaran tatap muka yaitu tutor menentukan tujuan dalam materi, tutor membuat program pembelajaran yang interaktif.

Kata kunci: (upaya,metode,PKBM)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
PERES IRWAN TAMONOB - Personal Name
Student ID
1801170081
Dosen Pembimbing
GALLEX SIMBOLON - 198910042018031001 - Dosen Pembimbing 1
RONGKY FAMDALE - 197604042008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Frans K. Selly - 0809028701 - Ketua Penguji
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Penguji 1
Rongky Famdale - 197604042008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05. TAM U
Copyright
Lembaga Penerbit
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA