Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring (Online) Pada Program Studi Pendidikan Biologi Selama Pandemi Covid-19

Detail Cantuman

Skripsi

Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring (Online) Pada Program Studi Pendidikan Biologi Selama Pandemi Covid-19

XML

Penelitian tentang respons mahasiswa terhadap pembelajaran daring (online) pada Program Studi Pendidikan Biologi selama pandemi Covid-19 dila-kukan dengan tujuan mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap pembelajaran online yang difokuskan pada 6 aspek yaitu penguasaan konsep materi pem-belajaran, platform pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, motivasi belajar, keterlibatan mahasiswa, dan efisiensi waktu pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana Kupang pada bulan Maret-Juni 2021.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah 78 mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Undana yang mengikuti pembelajaran secara online. Data respons mahasiswa diperoleh dengan cara menyebarkan angket secara online menggunakan google form, kemudian dianalisis secara deskriptif berdasarkan trend data penelitian yang didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons mahasiswa terhadap pembelajaran daring (online) pada Program Studi Pendidikan Biologi selama pandemi Covid-19 secara keseluruhan menunjukkan respons yang bervariasi, dimana aspek penguasaan konsep materi pembelajaran menunjukkan respons positif dan kurang positif, aspek platform pembelajaran menunjukkan respons positif, aspek sarana dan prasarana pembelajaran menunjukkan respons negatif, kurang positif, dan positif, sedangkan aspek aspek motivasi belajar mahasiswa menunjukkan respons positif, negatif, dan kurang positif, serta aspek keterlibatan mahasiswa menunjukkan respons positif dan kurang positif, dan aspek efisiensi waktu pembelajaran menunjukkan respons positif.


Detail Information

Item Type
Penulis
Viligius Abik - Personal Name
Student ID
1701040042
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Abi R
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA