Peran Pamong Dalam Menyelenggarakan Pembelajaran Seni Budaya Pada Program Paket C Di PKBM Finoriken Kota Kupang Nusa Tenggara Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Pamong Dalam Menyelenggarakan Pembelajaran Seni Budaya Pada Program Paket C Di PKBM Finoriken Kota Kupang Nusa Tenggara Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pamong dalam menyelenggarakan pembelajaran seni budaya pada program paket C di PKBM Finoriken Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan dekriptis. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari anak putus sekolah, orang tua anak putus sekolah dan kepala Desa Kali Ngara. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data berupa redukasi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Trangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabasahan data adalah Trangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pamong dalam menyelenggaraan pembelajaran kreatif pada pembelajaran paket C PKBM Finoriken Kota Kupang Nusa Tenggara Timur dalam perencanaan pembelajaran pamong belajar berperan langsung agar peserta didik tertarik mengikuti pembelajaran.
Dalam pelaksanaan pamong belajar sudah mampu merumuskan tujuan intruksional/ pembelajaran, mengenal dan dapat menggunakan proses intruksional yang tepat, melaksanakan program belajar mengajar, mengenal kemampuan warga belajar dalam pelaksanaan penenunan melalui pembelajaran seni budaya. Akan tetapi hingga saat ini belum ada pengembangan dengan ragam motiv selendang, selimut dan sarung masih difokuskan pada motiv Lotis dari Kefa (TTU) sehingga kreatif warga belajar belum dapat di tingkatkan. Pamong belajar telah menjalankan perannya untuk melakukan penilain atau evaluasi kepada warga belajar untuk mengetahui hasil belajar warga belajar dengan cara mengamati setiap warga belajar saat proses pembelajaran, kemudian melakukan penilaian akhir terhadap warga belajar.

Kata Kunci : Peran Pamong, Dalam Menyelenggaran, Pembelajaran Seni Budaya


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
AFRON BANOET - Personal Name
Student ID
1801170079
Dosen Pembimbing
RONGKY FAMDALE - 197604042008121001 - Dosen Pembimbing 1
YOSEPHINA K.SOGEN - 19784222006042002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Stofiani S. Lima - 1988010220032006 - Ketua Penguji
Rongky Famdale - 197604042008121001 - Penguji 1
Josephina Katarina Sogen - 197804222006042002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862. 05 Ban P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA