PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK YANG DIBESARKAN DI PANTI ASUHAN (Studi Kasus di Panti Asuhan Kristen GMIT 221 Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK YANG DIBESARKAN DI PANTI ASUHAN (Studi Kasus di Panti Asuhan Kristen GMIT 221 Kupang)

XML

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses pengembangan kemandirian anak yang dibesarkan di panti asuhan kristen GMIT 221 Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang anak panti asuhan dan satu orang pengasuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk memastikan keabsahan data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam tahap tanggungjawab dimana pengasuh sangat berperan dalam proses pengembangan kemandirian anak sehingga mereka mampu menyelesaikan tugas mereka tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ada di panti asuhan. (2) Tahap otonomi ini pengasuh selalu memberikaan arahan dalam melakukan tugas dengan demikian anak-anak merasa percaya diri dalam melalukan tugas sesuai dengan kelompok masing-masing. (3) Tahap Inisiatif ini dimana pengasuh selalu memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk melakukan kegiatan diluar panti asuhan seperti mengoperasikan LCD di gereja dan mengikuti ibadah setiap pagi dan malam tentu tidak terlepas dari pengwasan pengasuh. (4) Tahap kontrol diri ini dimana anak-anak mampu mengendalikan diri dalam mengatasi masalah yang dihadapi dan anak mampu mengambil keputusan karena hal ini sudah diajarkan oleh pengasuh kepada mereka pada saat awal masuk ke panti asuhan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah dengan adanya jadwal kegiatan yang ada panti asuhan terlihat bahwa adanya perubahan positif dari setiap anak-anak yang ada di panti asuhan yang dimana awalnya mereka belum bisa mengerjakan tugas sendiri tetapi dengan adanya pendampingan dan pengawasan dari pengasuh berjalannya waktu anak-anak sudah terbiasa melakukan sendiri dengan demikian anak-anak menjadi mandiri.
Kata Kunci: Pengembangan Kemandirian, Anak Panti Asuhan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SOFI NORLINCE SUY - Personal Name
Student ID
1601170049
Dosen Pembimbing
MARIANA IKUN R D M PAREIRA - 197601282009122001 - Dosen Pembimbing 1
STOFIANA SUSANA LIMA - 19880102 202203 2 006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mariana Ikun R D M Pareira - 197601282009122001 - Ketua Penguji
STOFIANA SUSANA LIMA - - Penguji 1
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05. SUY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA