Kehidupan Perempuan Desa Oni Kajian Naratif Life History WH Di Desa Oni Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Kehidupan Perempuan Desa Oni Kajian Naratif Life History WH Di Desa Oni Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan WH yang menjalani status sebagai seorang janda dalam keluarga, peran tersebut dijalani sejak tahun 2019 hingga sekarang. Aktivitas yang dilakukan WH sehari-hari yaitu berkebun dan mengerjakan pekerjaan sampingan yaitu membuat berbagai macam snack dari pisang dan ubi. Penelitian ini menggunakan teori psychological well being dan public pedagogy untuk meneliti kehidupan WH di Desa Oni.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan Life Histoty. Digunakan untuk membantu peneliti memahami makna yang lebih mendalam tentang Kehidupan WH di Desa Oni sebelum menjanda hingga kini menjadi seorang janda yang memiliki tiga orang anak, yang berperan sebagai kepala keluarga maupun Ibu Tumah Tangga. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang sudah dikumpulkan dari informan. Peneliti dapat menggunakan teknik analisis data menggunakan model Campbell (1999). Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik
Hasil penelitian menemukan bahwa ada 6 aspek dari psychological weill being yang berkaitan dengan kehidupan WH yaitu 1) dimensi penerimaan diri yaitu WH mampu menerima kekurangan dirinya dan juga mampu menerima halhal yang yang merugikan yang terjadi di hidupnya, 2) dimensi pertumbuhan diri yaitu WH mampu mengembangkan potensi dalam dirinya dan berkembang sebagai manusia sepenuhnya, 3) dimensi hubungan positif dengan orang lain WH mampu menjalin persahabatan yang akrab dengan orang lain, penuh kepercayaan dan rasa kasih sayang, 4) dimensi kemandirian yaitu WH dapat memutuskan halhal yang terkait di dalam hidupya tanpa bantuan orang lain, 5) dimensi tujuan hidup WH dapat mendisiplinkan waktu dalam keadaan apapun demi memaknai hidupnya yang berstatus janda 3 anak, selain itu WH juga mencari tahu tentang orang yang sudah berpengalaman dalam membuka usaha kios agar WH dapat membuka usaha tersebut dan modal yang WH gunakan dari hasil perkebunan, 6) dimensi penguasaan lingkungan WH selalu peduli dengan lingkunga sekitar karena menurut WH apa yang di tabur akan di tuai.

Kata Kunci : Kehidupan, Janda, Desa Oni, Kajian Naratif, Life History


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Ratu Sarina Toni - Personal Name
Student ID
1801170077
Dosen Pembimbing
ERNI RASTER KLAU - 198506272008122002 - Dosen Pembimbing 1
AMBARA SARASWATI MARDANI - 198511082008122003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Ketua Penguji
Erni Raster Klau - 198506272008122002 - Penguji 1
Ambara Saraswati Mardani - 198511082008122003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Ton K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA