Problematika Perencanaan Kurikulum Merdeka di TK Negeri Kelapa Lima Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Problematika Perencanaan Kurikulum Merdeka di TK Negeri Kelapa Lima Kupang

XML

Hadirnya kurikulum merdeka sebagai bagian dari pembelajaran paradigma baru, dimana kurikulum merdeka belajar ialah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perencanaan dan problematika yang dialami dalam menyusun perencanaan kurikulum merdeka di TK Negeri Kelapa Lima Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. data Hasil penelitian menunjukan tahapan perencanaan kurikulum merdeka di TK Negeri Kelapa Lima Kupang sudah dilaksanakan menurut pedoman tahapan implementasi kurikulum merdeka dan terdapat problematika yang dialami guru saat melakukan perencanaan kurikulum merdeka yaitu kurangnya pemahaman guru mengenai kurikulum merdeka, guru dituntut untuk lebih kritis dalam menganalisis karakteristik lembaga agar dapat menentukan topik pembelajaran sesuai dengan karakteristik yang ada, kurangnya pemahaman guru dalam menganalisis tujuan pembelajaran menjadi alur tujuan pembelajaran, guru harus lebih kreatif dalam merancang pembelajaran yang berpusat kepada anak, kurangnya pemahaman guru dalam menyiapkan metode pembelajaran yang kreatif dan berdiferensiasi, guru kesulitan dalam menganalisis isu yang ada untuk dijadikan projek profil pancasila, kurangnya pemahaman guru dalam mengembangkan modul ajar p5.
Kata Kunci: Problematika, Perencanaan, Kurikulum Merdeka.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aleksandria Abuk - Personal Name
Student ID
1901180018
Dosen Pembimbing
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Dosen Pembimbing 1
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Theodorina N. Seran - 199211092023212039 - Ketua Penguji
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Penguji 1
Abdul Syukur - 198410212008121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86.207
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA