Kompetensi Pedagogik Guru Ditinjau dari Latar Belakang Bidang Pndidikan di RA Al-Arsy Terang

Detail Cantuman

Skripsi

Kompetensi Pedagogik Guru Ditinjau dari Latar Belakang Bidang Pndidikan di RA Al-Arsy Terang

XML

Pendidikan anak usia dini memiliki: kualifikasi akademik pendidikan minimal diploma (D-IV) atau sarjana (S1), latar belakang pendidikan tinggi di bidang pendidikan anak usia dini atau psikologi, dan sertifikasi profesi guru untuk PAUD. Namun, masih ada keragaman latar belakang bidang pendidikan guru TK di Indonesia. RA Al-Arsy Terang merupakan salah satu program satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang terletak di desa Golo Sepang, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat yang memiliki 3 orang guru yang memiliki latar belakang bidang pendidikan non PG-PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru jika ditinjau dari latar belakang bidang pendidikan di RA Al-Arsy Terang. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian yaitu: guru RA Al-Arsy Terang yang berlatar belakang bidang pendidikan non PG-PAUD. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru yang ditinjau dari latar belakang bidang pendidikan di RA Al-Arsy Terang masih kurang maksimal. Hal ini dilihat dari aspek pemahaman guru terhadap peserta didik dimana guru tidak memperlakukan semua siswa sama, guru masih membeda-bedakan perlakuan berdasarkan hasil belajar anak. Selain itu, terkait dengan perencanaan pembelajaran guru masih belum mampu merancang sendiri rencana pembelajaran yang akan diiplementasikan. Guru menggunakan rencana pembelajaran yang disusun oleh guru dari sekolah lain. Dalam pelaksanaan pembelajaran, pendidik RA Al-Arsy Terang sudah sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disiapkan. Akan tetapi, media belajar yang digunakan guru tidak terlalu bervariasi. Selanjutnya untuk proses evaluasi, pendidik di RA Al-Arsy melakukan penilaian pada hasil karya anak. Namun, kadangkala pendidik melawatkan pengumpulan hasil karya anak sehingga ada anak-anak yang bermain kemudian membawa hasil karyanya.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Latar Belakang Bidang Pendidikan, Guru non PG PAUD.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SANTRIANI - Personal Name
Student ID
1901180006
Dosen Pembimbing
Credo Betty - 199012152018032001 - Dosen Pembimbing 1
KRIST - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.11 San K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA