Skripsi
Implementasi Pembelajaran STEAM Berdasarkan Merdeka Belajar di TK Negeri Kelapa Lima Kupang
XMLPembelajaran STEAM menstimulasi rasa ingin tahu anak dan memotivasi anak untuk berpikir kritis yang meliputi, pemecahan masalah, bekerjasama, mandiri, kreatif, inovatif dan berkolaborasi dalam pembelajaran, dengan cara belajar sambil bermain. Kota Kupang salah satu sekolah khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sudah menerapkan pembelajaran STEAM berdasarkan Merdeka Belajar, adalah TK Negeri Kelapa Lima Kupang pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran STEAM berdasarkan merdaka belajar di TK Negeri Kelapa Lima Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, untuk pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dandokumentasi dengan 2 orang responden di TK Negeri Kelapa Lima Kupang. Hasil penelitian Penerapan Pembelajaran STEAM berdasarkan Merdeka Belajar di TK Negeri Kelapa Lima Kupang, dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajarn STEAM, terlihat bahwah sudah cukup baik, yaitu dalam perencanaan diawali dengan guru mempersiapkan ruang kelas baik di dalam maupun di luar kelas, guru juga bekerjasama dalam membuat modul ajar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan dan media pembelajaran, pelaksanaan yaitu anak belajar sambil bermain, anak bebas memilih media dan jenis kegiatan pembelajaran sesuai keinginan anak. Anak mandiri, kreatif, inovatif, dan berkolaborasi, evaluasi pembelajaran STEAM dilakukan secara otentik pada saat anak melakukan kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran STEAM Berdasarkan Merdeka Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Reinilda Tangkomang - Personal Name
|
Student ID |
1801180045
|
Dosen Pembimbing |
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Dosen Pembimbing 1
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86.207 Tan I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |