Implementasi Pembelajaran STEAM Berdasarkan Merdeka Belajar di TK Negeri Kelapa Lima Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Pembelajaran STEAM Berdasarkan Merdeka Belajar di TK Negeri Kelapa Lima Kupang

XML

Pembelajaran STEAM menstimulasi rasa ingin tahu anak dan memotivasi anak untuk berpikir kritis yang meliputi, pemecahan masalah, bekerjasama, mandiri, kreatif, inovatif dan berkolaborasi dalam pembelajaran, dengan cara belajar sambil bermain. Kota Kupang salah satu sekolah khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sudah menerapkan pembelajaran STEAM berdasarkan Merdeka Belajar, adalah TK Negeri Kelapa Lima Kupang pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran STEAM berdasarkan merdaka belajar di TK Negeri Kelapa Lima Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, untuk pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dandokumentasi dengan 2 orang responden di TK Negeri Kelapa Lima Kupang. Hasil penelitian Penerapan Pembelajaran STEAM berdasarkan Merdeka Belajar di TK Negeri Kelapa Lima Kupang, dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajarn STEAM, terlihat bahwah sudah cukup baik, yaitu dalam perencanaan diawali dengan guru mempersiapkan ruang kelas baik di dalam maupun di luar kelas, guru juga bekerjasama dalam membuat modul ajar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan dan media pembelajaran, pelaksanaan yaitu anak belajar sambil bermain, anak bebas memilih media dan jenis kegiatan pembelajaran sesuai keinginan anak. Anak mandiri, kreatif, inovatif, dan berkolaborasi, evaluasi pembelajaran STEAM dilakukan secara otentik pada saat anak melakukan kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran STEAM Berdasarkan Merdeka Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Reinilda Tangkomang - Personal Name
Student ID
1801180045
Dosen Pembimbing
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Dosen Pembimbing 1
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86.207 Tan I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA