Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Teradap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas XI Multimedia Di SMK Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Teradap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas XI Multimedia Di SMK Negeri 2 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis kelas XI Multimedia SMKN 2 Kupang. (2) mengetahui besar pengeruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis kelas XI Multimedia di SMKN 2 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre-Exsperimental (non-design) sedangkan bentuk desainnya adalah “Pre-test dan Post-test one group design” yaitu penelitian hanya menggunakan satu kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar siswa dengan soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji mormalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana .
Hasil penelilitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis kelas XI Multimedia SMKN 2 Kupang diperoleh persamaan Y = 53.361 + 0.470X dan hasil uji statistik regresi linier sederhana sebesar 0.000 < 0.05 sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) pada mata pelajaran desain grafis kelas XI Multimedia di SMKN 2 Kupang. Hasil uji statistik paired sample t test diperoleh nilai signifikansi 2 tailet sebesar 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perlakuan dari variabel yang sama. Perbedaan perlakuan pre-test sebesar 65.45 dan post-test sebesar 84.14. dimana 84.14 – 65.45 diperoleh hasil sebesar 18.71 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar pre-test dan post pada mata pelajaran desain grafis kelas XI Multimedia di SMKN 2 Kupang.

Kata Kunci: Kooperatif,Tipe Group Investigation(GI), Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ORNI TAROCI TEFU - Personal Name
Student ID
1701130052
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
FRANS F. G. RAY - 197406052006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 TEF P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA