Skripsi
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA DI KELAS V SD NEGERI NUNBAUN SABU
XMLAdapun rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Perpindahan Kalor Di sekitar Kita Di Kelas V SD Negeri Nunbaun Sabu. Dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Perpindahan Kalor Di sekitar Kita Di Kelas V SD Negeri Nunbaun Sabu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Nunbaun Sabu yang berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total atau sampling jenuh. Teknik dan instrumen pengumpulan data, instrumen penelitian yaitu tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan realibitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Nunbaun Sabu Kota Kupang kelas V. Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menynjukan bahwa nilai taraf signifikan (2-tailed) < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan hal ini disebabkan karena sig. (2 tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi Perpindahan Kalor Di sekitar Kita di kelas V SD Negeri Nunbaun Sabu.
Kata Kunci : Tipe Make A Match, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Diana Bolla - Personal Name
|
Student ID |
1901140020
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 BOL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |