Skripsi
Responsivitas Unit Pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dalam Menanggapi Keluhan Masyarakat Di Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat
XMLABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Responsivitas Unit Pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dalam Menanggapi Keluhan Masyarakat Di Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat dengan rumusan masalahnya bagaimana Responsivitas Unit Pengelola PLTS Dalam Menanggapi Keluhan Masyarakat Di Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Informen yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Unit Pengelola PLTS, Pimpinan PLN, Masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan Responsivitas Unit Pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dalam Menanggapi Keluhan Masyarakat dilihat dari lima indikator yaitu Sikap unit pengelola dalam merespon, Kecepatan dalam pelayanan, Ketepatan dalam pelayanan, Kecermatan dalam pelayanan, Kemampuan unit pengelola dalam pelayanan. Responsivitas unit pengelo PLTS dalam menanggapi keluhan masyarakat di desa Pasir Putih Kecamatan Komodo dari segi sikap pengelola dalam melayani masih kurang baik ini dapat dilihat dari belum adanya kesopanan dan keramahan yang diberikan oleh pengelola dalam melayani namun dari segi kecepatan sudah dilayani dengan cepat dalam hal menanggapi keluhan masyarakat. Dalam hal ketepatan belum menjalani dengan baik hal ini dilihat dari ketidak sesuaian daya yang disediakan dan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal tersebut juga menyebabkan belum adanya kecermatan dari pihak pengelola PLTS ini dilihat dari masih adanya kesalahan dalam pencatatan nomor meteran di rumah warga. Kemampuan unit pengelola dalam hal melayani belum tersediahnya wadah untuk para masyrakat dapat menyampaikan usul, saran dan pendapat masyarakat terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh unit pengelolah PLTS. Penelitian ini merekomendasikan perlunya sosialisasi dan keterbukaan terkait dengan kapasitas PLTS, perlunya pembeharuan alatalat, serta perlu diadakan kotak saran dan buku tamu untuk mempermudah pelayanan.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Nofitasari - Personal Name
|
Student ID |
1703010037
|
Dosen Pembimbing |
UMBU TAY W PARIANGU - 197812202006041002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Ketua Penguji
Umbu Tay W Pariangu - 197812202006041002 - Penguji 1 Martina Raga Lay - 196205071989012001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 Nof R
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |