Analisis Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan keuangan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada BUMDes Ina Huk Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data melalui beberapa tahap yaitu menggambarkan keadaan secara detail BUMDes Ina Huk, menganalisis pengelolaan keuangan BUMDes, mengevaluasi pengelolaan keuangan BUMDes, proses pencatatan hasil dari penelitian lapangan dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan BUMDes di Desa Mata Air masih bersifat sederhana. perencanaan yang dilakukan oleh BUMDes Ina Huk yaitu dengan mengadakan rapat yang melibatkan pemerintah desa, BPD, dan masyarakat dalam membahas program kerja serta anggaran yang diperoleh. Tahap pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran dana tidak menggunakan kwitansi atau surat permintaan pembayaran (SPP) sebagai bukti pencairan. Tahap penatausahaan yang dilakukan masih bersifat umum dimana hanya mencatat penerimaan dan pengeluaran dana yang dilakukan oleh ketua, sekretaris dan bendahara. Tahap pertanggungjawaban dilakukan dengan menyampaikan laporan pertanggungjawaban setiap akhir tahun kepada pemerintah desa dan BPD kemudian di informasikan kepada masyarakat melalui musyawarah desa. Pada tahap pengawasan belum dijalankan dengan baik karena BUMDes Ina Huk belum pernah menerima pembinaan dan pengawasan secara langsung dari Gubernur dan Bupati/walikota. Keberadaan BUMDes Ina Huk di Desa Mata Air sudah cukup memberi dampak yang berpengaruh terhadap masyarakat yaitu dengan meningkatnya pendapatan masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan sehingga mengurangi angka pengangguran, sehingga hal tersebut akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Mata Air.

Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan, Kesejahteraan Masyarakat, BUMDes


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Paskalina Yopi Taut - Personal Name
Student ID
1910020054
Dosen Pembimbing
HERLY MATHELDA OEMATAN - 198102272008012016 - Dosen Pembimbing 1
Sarlin Paleina Nawa Pau - 19921227 201903 2 024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Herly Mathelda Oematan - 198102272008012016 - Ketua Penguji
Anthon Simon Yohanis Kerihi - 196108081998021001 - Penguji 2
Sarlin P. Nawa Pau - 199212272019032024 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Published
Departement
Akuntansi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
622.01 Tau A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA